• Rabu, 24 April 2024

Disperindagkop Kaltara Anggarkan 1,5 Milyar, Bantu UMKM Terdampak Covid-19

Tanjung Selor – lensaku.id. Dinas Perindustrian Perdagangan dan koperasi (Disperindagkop) Provinsi Kaltara memprogramkan bantuan kepada UMKM yang ada di Kaltara.

Drs. Hartono, M.S.i Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan koperasi Provinsi Kaltara menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengajukan anggaran sekitar 1.5 Milyar untuk 5 Kabupaten / Kota yang ada di Kaltara.

Bantuan yang diberikan kepada UMKM ini dispesifikasiKkan hanya untuk pelaku UMKM yang terdampak akibat pandemi covid-19.

“Selama ini kami melakukan  evaluasi, mendata UMKM yang terdampak covid-19, setelah ada datanya kita adakan semacam monitoring kelapangan betul tidak UMKM tersebut benar nama usaha, alamat, dan usahanya, jika memang benar, kita akan berikan dana bantuan modal”. Ujar Hartono.

Di Provinsi Kaltara sendiri total UMKM yang ada sekitar 2000 UMKM yang tersebar di seluruh Kabupaten Kota di Kaltara.

“Data yg ada untuk Kaltara sekitar 2000 UMKM yg kena terdampak covid-19, nanti kita akan lakukan survey dulu terkait kejelasan dan status UMKM nya”. Jelasnya.

Hartono menegaskan, apabila ada UMKM yang ingin mengajukan dana bantuan namun tidak memenuhi persyaratan yang ada, maka pihaknya tidak akan mengeluarkan bantuan dana yanga ada.

“Contohnya banyak UMKM sifatnya musiman seperti musim buah berjualan buah dan tidak memilik tempat yang jelas. UMKM yang mendapat bantuan hanya  mereka yang punya usaha kecil – kecilan yang terdampak covid 19 kita beri bantuan modal usaha misalkan ada UMKM mengajukan dana sebesar Besarnya 10 juta kita survey kalau usaha nya kecil jumlahnya kecil juga yang kita berikan tidak  sebesar yang dia ajukan itu”.tutupnya.

Read Previous

Bawaslu Tarakan Salurkan APD Kepada Lembaga Adhoc

Read Next

DPMD Maksimalkan Pendampingan Desa Melalui Media Online

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular