Purna Paskibraka Kembali Bertugas Kibarkan Bendera

MALINAU, lensaku.ID – Sertu (Sersan Satu) Sutega salah satu pelatih Paskibraka 2020 Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara menjelaskan bahwa pasukan yang akan ditugaskan untuk pengibaran dan penurunan bendera pada Upacara Peringatan HUT RI Ke- 75 pada tanggal 17 Agustus 2020 merupakan Purna Paskibraka tahun lalu (2019) yang sudah pernah tampil baik di tingkat provinsi maupun kabupaten.

“Jadi karena keterbatasan dan situasi yang kurang mendukung maka calon paskibra yang sudah kami persiapkan sekitar 40 orang untuk Kabupaten tidak jadi ambil bagian. Karena itu kita ambil purna paskibraka tahun lalu,” jelas Sersan Sutega saat ditemui usai melatih Purna Paskibaraka, pada Rabu (05/08).

“Purna paskibraka yang akan bertugas keseluruhan ada 6 orang. 3 untuk pengibaran dan 3 lagi untuk penurunan bendera,” imbuhnya.

Untuk latihan sendiri kata Sutega, sudah berjalan selama 3 minggu. Menurutnya sudah hampir 80% hanya tinggal ditempa secara fisik.

“Kalau pagi kita pemanasannya di Kodim. Setelah siap kita suruh lari, senam dan kegiatan yang lain-lain seperti push up, sit up, pull up. Setelah itu baru kita latihan di halaman Kantor Bupati. Disini kita sudah langsung ke teknis seperti pengibaran dan penurunan,” terangnya.

Protokol Covid-19

Dalam latihan maupun nanti saat upacara tetap mengacu pada Protokol Covid-19.

“Kalau yang tadinya kita lencang kanan satu lengan, sekarang menjadi dua lengan jadi jaraknya pun jauh. Jadi kita semua orientasinya untuk menghindari penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, Sutega juga sudah mempersiapkan rotasi apabila tim pengibar dan penurunan bendera yang sudah ditetapkan mengalami kendala sehingga tidak bisa tampil maka akan disiapkan pengganti.

“Karena kita juga pilihannya banyak, purna tahun lalu ada sekitar 40 orang. Jadi kita bisa ambil mereka untuk mengganti,” ucapnya.

Sejauh ini lanjut Sutega, ia sudah melakukan beberapa kali rotasi yaitu hampir 3 kali. Dan yang sekarang adalah terakhir.

“Mudah-mudahan mereka ini berhasil mengemban tugas pengibaran dan penurunan bendera pada upacara 17 Agustus 2020 mendatang,” harapnya.

“Saya Ada Untuk Semua”
“Bersama Kita Pasti Bisa”
“Salam Harmonis Untuk Kita Semua”

Read Previous

Ingkong Ala: Desa Sadar Kerukunan Penjaga Bulungan

Read Next

Yansen TP Apresiasi Juara Hafiz Indonesia 2020

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular