• Kamis, 28 Maret 2024

Bangun Sinergitas untuk PAUD Kaltara Berkualitas

TANJUNG SELOR – Pentingya menggerakkan pembinaan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berkualitas didasarkan pada banyak kajian bahwa PAUD memiliki peran strategis dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM). PAUD juga merupakan  wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak, sehingga kelak mereka akan menjadi modal pembangunan yang berdaya saing tinggi.

“Mengingat penting dan kompleksnya aspek pemenuhan kebutuhan PAUD maka dibutuhkan kerjasama banyak pihak, baik dari satu maupun lintas sektor,” kata Bunda PAUD Kalimantan Utara (Kaltara), Ir Hj Rita Irianto Lambrie pada Sosialisasi Kebijakan Melalui Rapat Koordinasi Lintas Sektor Pengembangan PAUD Holistik Integratif se-Provinsi Kaltara secara daring dari Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara lantai 5, Senin (14/9).

Sebagaimana diketahui, hingga saat ini penyelenggaraan PAUD di sebagian besar satuan PAUD di tanah air tanpa kecuali Kaltara masih dilaksanakan secara parsial. Artinya, masih menekankan pada upaya pemenuhan aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Namun, belum holistik dan terintegrasi dengan pemenuhan kebutuhan esensial anak usia dini.

“Aspek pertumbuhan yang dibutuhkan oleh anak usia dini bukan hanya aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif tetapi juga kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, dan perlindungan.

Untuk itu, peran semua pihak yang sangat dibutuhkan dalam mendorong dan mendukung layanan PAUD berkualitas,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Rita dibutuhkan koordinasi, kerjasama dan sinergitas program dari berbagai pihak baik dalam upaya pengembangan PAUD holistik integratif tersebut. “Kegiatan sosialisasi ini, tidak hanya bertujuan untuk mensosialisasikan beberapa kebijakan pengembangan PAUD tetapi juga bertujuan untuk membangun koordinasi, membangun jejaring, dan membangun sinergitas berbagai sektor dalam pengembangan PAUD holistik integratif di Kaltara,” tuturnya.

“Harapannya tidak lain adalah agar penyelenggaraan PAUD berkualitas dengan layanan holistik integratif terlaksana di Kaltara,” timpalnya menutup.(humas)

Read Previous

TAPE 2020, Pemprov Kaltara Anggarkan Rp 5 Miliar

Read Next

Perbup Pendisiplinan Protkes Telah Dikeluarkan Bupati, Berikut Penjelasannya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular