• Kamis, 18 April 2024

Kaltara Miliki 4 SMK Pusat Keunggulan

Lensaku.ID – Upaya pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan program keahlian tertentu bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja. Juga diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA). Serta menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya atau yang disebut SMK Pusat Keunggulan (PK).

Sekaitan dengan itu, pada 2020 sebanyak 4 SMK di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dikembangkan menjadi SMK PK yakni SMK Negeri 1 Tanjung Selor, SMK Negeri 1 Sebatik Barat, SMK Negeri 1 Tarakan dan SMK Negeri 2 Tarakan. Ini diungkapkan Amad, Kepala Bidang (Kabid) Pembina SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, Senin (11/1/2021).

Dengan ditetapkannya satuan pendidikan menjadi SMK PK artinya sekolah tersebut juga berhak atas bantuan pemerintah fasilitasi SMK yang dikembangkan menjadi pusat keunggulan. “Bantuannya berupa pelatihan guru dan siswa ditambah dengan gedung baru yang nilainya bisa mencapai  Rp 3 miliar, atau tergantung kebutuhannya,” kata Amad.

Salah satu contohnya, adalah bangunan gedung baru SMK Negeri 1 Tanjung Selor yang pembangunannya dimulai pada Oktober 2020 dengan masa kerja pembangunan selama 120 hari dan direncanakan selesai pada akhir Januari 2021. “Bangunannya hanya 1 lantai, namun kita buat tinggi agar tampilannya lebih inovatif dan menarik. Dan, saat ini semua hampir selesai tinggal finising,” ujarnya.

Tahun ini, pihaknya selain mempertahankan yang sudah ada agar bantuannya dapat terus berlanjut, juga akan mendorong dan mengupayakan agar ada penambahan SMK PK di Kaltara dan secara bertahap akan diupayakan untuk menaikkan semua status SMK di Kaltara. “Yang sudah ada akan terus divaluasi dan kita juga akan terus mengusulkan untuk SMK PK baru di Kaltara,” tutupnya. [Humas Kaltara]

Read Previous

iPhone SE 2021 Diprediksi Hadir pada Pertengahan Tahun

Read Next

Vaksinasi Covid-19 di Kaltara Digelar 14 Januari 2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular