• Jumat, 29 Maret 2024

[Cek Fakta] Chip di KTP untuk Melacak Pergerakan Warga

Lensaku.ID – Beredar sebuah video pada sosial media Facebook yang memperlihatkan seseorang yang menemukan chip pada KTP elektronik miliknya. Dalam video tersebut juga terdapat narasi “pantes polisi tau keberadaan kita“.

Setelah ditelusuri, klaim adanya chip GPS di KTP elektronik untuk melacak keberadaan seseorang adalah klaim yang salah. Faktanya chip yang tertanam pada KTP elektronik berisi identitas diri, data biometrik dua sidik jari telunjuk, iris mata dan gambar tanda tangan penduduk.

Dengan adanya chip tersebut, KTP elektronik menjadi sulit untuk digandakan atau dipalsukan. Dikutip dari cnnindonesia.com, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan bahwa chip tersebut digunakan untuk menyimpan data penduduk di KTP elektronik bukan untuk menyadap atau melacak pergerakan warga.

KATEGORI: HOAKS

Link counter:-https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210213111823-20-605798/kemendagri-respons-video-viral-chip-e-ktp-dibongkarhttps://turnbackhoax.id/2021/02/13/salah-video-saya-usia-udah-25baru-sadar-kalo-ktp-ada-chip-gps-nya/

Read Previous

Ibrahim Ali dan Hendrik Dilantik Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tana Tidung 17 Februari

Read Next

BlackBerry 5G Segera Hadir dengan Keyboard Fisik

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular