• Kamis, 18 April 2024

Yon Arhanud 16/SBC Dukung Penjemputan Barang dari Malaysia di Nunukan

Lensaku.ID – Selaras dengan kata “SIGAP BERANI SETIA” yang menjadi motto Yon Arhanud 16 / Sula Bhuana Chakti, Danki Krayan Lettu Arh Angga Guruh, ST.Han beserta dengan personilnya tampak sigap menjalankan tugasnya. Rabu (10/02./2021) Satgas Pamtas RI – Malaysia Batalyon Arhanud 16/Sula Bhuana Chakti melakukan aktivitas dukungan pada kegiatan Penjemputan Barang Makanan dan Binaan dari Ba’kelalan – Serawak ke Long Midang – Krayan.

Menurut Lettu Angga, beberapa hari sebelum pelaksanaan kegiatan dan setelah adanya hasil rapat koordinasi dengan Muspika. Lettu Angga langsung melaporkan kepada Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonarhanud 16/SBC Mayor Arh Drian Priambodo, S.E perihal adanya rencana kegiatan tersebut.

”Kami sebelum melaksanakan kegiatan ini selalu mendapat arahan serta petunjuk dari beliau,” ujarnya.

Untuk mendukung kegiatan ini, menurut Lettu Angga kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan oleh personel yang berada di Long Midang saja.

”Saya sendiri sebenarnya berada di Pos Long Bawan. Namun dikarenakan kegiatan ini merupakan kegiatan besar dan juga barang yang akan kami periksa dalam jumlah banyak, sehingga kegiatan ini langsung kami sendiri yang memimpin dan mengendalikan anggota. Anggota yang bertugas disana dalam kegiatan ini juga bukan hanya anggota Pos Long Midang saja namun juga kami libatkan personel dari Pos Long Bawan, Pos Tanjung Karya dan Pos Krayan (Lembudud),” tambah Lettu Angga.

Lebih lanjut dalam menjalankan tugas ini, pasukan dibagi dalam beberapa kelompok dengan tugas masing masing.

”Kelompok Pengamanan ring 1, terdiri dari 12 orang personel berpakaian lengkap termasuk saya sendiri yang bertugas mengawal dan mengamankan selama perjalanan berangkat hingga kembali dalam rangkaian kegiatan. Di dalam lapangan termasuk dalam pengamanan tamu VVIP seperti Pak Sekda, Pak Camat, Perwakilan pihak Koperasi dan Pihak PU yang hadir dalam kegiatan acara seremonial penyerahan barang bersama dengan rombongan pejabat timbalan menteri beserta para pejabat dan pelaku usaha dari pihak negara Malaysia,” ujarnya.

Selanjutnya menurut Lettu Angga ada juga Kelompok Pengaman Rute dan Sepadan atau perbatasan yang bergabung bersama dengan personel TDM (Tentara Diraja Malaysia).

”Dan Kelompok Penggeledah dan Pemeriksa Barang yang tugasnya membongkar dan menggeledah semua barang yang masuk. Satu persatu tanpa terkecuali secara teliti dan selanjutnya mengemas lagi dan menaikan kembali ke kendaraan pengangkut,” tambahnya.

Dalam Kelompok Pemeriksa dan Penggeledah ini, menurut Lettu Angga pasukan juga dilengkapi dengan Kelompok Pengaman yang juga berpakaian lengkap. Tugasnya mengatur lalu lalang keluar masuk palang portal pos dan lalu lintas kendaraan pengangkut barang serta mengamankan kegiatan pemeriksaan yang dilaksanakan oleh Kelompok Penggeledah dan Pemeriksa Barang.

”Hambatan memang ada, tetapi karena koordinasi yang telah dilakukan jauh jauh hari dengan pihak TDM dengan tujuan agar adanya kesepahaman demi mudah dan lancarnya arus keluar masuk kendaraan,” tambah Lettu Angga.

Walaupun dinamika kegiatan sangat tinggi, Lettu Angga merasa bersyukur rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

”Semua itu berkat dukungan dari Pak Sekda Kabupaten Nunukan dan juga para pejabat Muspika di kecamatan Krayan serta seluruh masyarakat kecamatan krayan,” ujar Lettu Angga.

Selain daripada itu, dia bersyukur karena adanya kegiatan ini hubungan serta komunikasi dengan pihak TDM yang sempat terputus akibat dampak pandemi Covid-19, menjadi kembali terjalin dengan baik..

Itulah peran Satgas Pamtas RI – Malaysia Yon Arhanud 16/SBC yang telah menjalankan tugasnya dengan baik dalam kegiatan ini, yang akan selalu dikenang sepanjang masa (Humas/Diskominfotik).

Read Previous

Kementerian PUPR Alokasikan Rp 819,9 M untuk Jalan Perbatasan Kaltara

Read Next

Dukung TMMD Jembatan di Tanjung Palas, Bulungan Diperbaiki

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular