• Kamis, 28 Maret 2024

PLN Kembangkan Ratusan Potensi Desa Wisata

Lensaku.ID – Sedikitnya terdapat 104 desa wisata yang tersebar di Indonesia dikembangkan oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Penegmbangan itu melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dengan nilai bantuan mencapai Rp24,4 miliar.

Hal itu disampaikan Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi. Menurutnya, program desa wisata tersebut bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam mengembangkan pariwisata dan peningkatan ekonomi masyarakat berbasis desa.

“Program pembinaan desa wisata berbasis pemberdayaan masyarakat yang berkesinambungan terus melakukan upaya nyata membentuk kemandirian ekonomi desa dengan potensi yang dimiliki untuk pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” kata Agung, Minggu (27/6/2021).

Agung menyatakan, salah satu desa wisata unggulan yang dibina oleh PLN adalah Wisata Edukasi Terpadu (WET) Sendi yang berada di Mojokerto, Jawa Timur.

Lokasi itu tidak hanya menyuguhkan keindahan alam saja, tetapi berbagai wisata edukasi terpadu yang dapat dinikmati pengunjung, seperti kawasan wisata outbound hingga wisata pertanian.

Dia mengatakan, pengembangan Desa Sendi yang dilakukan PLN berfokus pada pembangunan infrastruktur, pemberdayaan, dan kesejahteraan masyarakat sehingga mampu bertransformasi layaknya sebuah wisata edukasi berwawasan lingkungan dan budaya.

Ia menuturkan, program desa wisata PLN tersebar di sejumlah daerah antara lain Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, hingga Kalimantan Timur. Pihaknya  terus berkomitmen membantu perbaikan perekonomian masyarakat secara langsung, dengan program sinergi pengembangan kemandirian desa.

“Diharapkan program itu akan membantu melestarikan lingkungan dan budaya, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa yang tersebar di Indonesia,” ujar Agung.

Read Previous

Promosikan Wisata Tana Tidung lewat We Cool in Air Madu

Read Next

Pegadaian Buka Layanan Titip Emas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular