Perbaikan Perpustakaan Di Tingkat Kampung / Kelurahan Menjadi Prioritas

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Dalam rangka Penutupan Bulan Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Kabupaten Berau tahun 2021, Pemkab Berau berupaya melakukan perbaikan perpustakaan di tingkat kampung atau kelurahan hingga kecamatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Berau, Hj. Sri Juniarsih MAS, saat membuka acara kegiatan penutupan bulan tersebut di SMAN 5 Berau, Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur pada Kamis (25/11/2021).

“Seperti diketahui, membaca merupakan unsur penting dalam pendidikan, baik formal maupun non formal. Oleh karena itu, perbaikan kelemahan perpustakaan di tingkat kampung atau kelurahan hingga kecamatan harus menjadi prioritas. Dikarenakan, perpustakaan harus ada sedekat mungkin dengan masyarakat, lebih lagi untuk para pelajar” tuturnya.

Dikatakannya, Kabupaten Berau saat ini masih berada pada indeks literasi sedang di wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Menyikapi hal tersebut, Bupati Berau mengimbau kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pendidikan, dan OPD terkait untuk bersinergi.

“Sinergi tersebut diwujudkan melalui pemenuhan fasilitas perpustakaan di Kabupaten Berau yang nyaman dan lengkap. Sehingga dapat menumbuhkan minat baca dengan cara-cara yang kreatif kepada masyarakat Kabupaten Berau. Hal ini menjadi prioritas kita selaku Pemerintah Daerah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa”,tegasnya.

Bupati Berau juga turut mengkampanyekan budaya gemar membaca yang dilakukan dengan 3 jalur. Dirinya menambahkan, Pemkab Berau terus berupaya dalam mewujudkan budaya literasi dan gemar membaca sejak usia dini.

“Budaya literasi harus tetap terjaga dan ditingkatkan esensinya pembudayaannya melalui 3 jalur, yaitu, keluarga, pendidikan, dan masyarakat. Dari 3 jalur tersebut tampak perpustakaan melalui jalur pendidikan memegang peranan yang sangat penting,” pungkasnya.

Adapun menutupi Bulan Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca tahun 2021 ini, Pemkab Berau memberikan penghargaan kepada insan penggiat literasi di Kabupaten Berau tahun 2021 yang diterima oleh 7 siswa/siswi tingkat SD / MI Se-Kabupaten Berau.

Baca juga:  Pemkab Berau Lanjutkan Kerja Sama dengan UMY

Penghargaan lainnya juga diberikan kepada indeks kategori perpustakaan sebagai penggiat literasi di Kabupaten Berau, yang diraih oleh: SMAN 7 Berau, SMAN 4 Berau, SMKN 2 Berau, Perpustakaan Sanggam Kampung Maluang, Perpustakaan Batu Ampat Kampung Talisayan, Perpustakaan Nyiur Melambai Kampung Tanjung Perapat, Perpustakaan Harapan bangsa Kampung Pegat Bukur, Perpustakaan Cerdas Kampung Biduk-biduk, serta Perpustakaan Lentera Kampung Pulau Besing. (Chr).

Read Previous

WOW KUA-PPAS 2022 Rp 2 Triliun Diprioritaskan Kemana Ya?

Read Next

Berantas Mafia Tanah, Sebanyak 1345 Sertifikat Diserahkan Gratis Kepada Masyarakat Kabupaten Berau

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *