DPMK Berau Gelar Bimtek Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi BUMDes

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Berau mengadakan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Akuntansi BUMDes kepada Pengurus Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) di Kabupaten Berau.

Bimtek tersebut digelar di Family Cafe, Jalan Pulau Sambit, Kelurahan Tanjung Redeb, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur pada Selasa (07/12/2021).

Bimbingan teknis yang di ikuti sekitar 20 perwakilan BUMK dari setiap kampung di Kabupaten Berau ini dibuka langsung oleh M. Hendratno, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Berau.

Kepala DPMK Berau, Ilyas Natsir, menerangkan, Bimtek yang diberikan kepada pengurus BUMK ini bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan efektif, terutama ditengah situasi Pandemi Covid-19.

Dikatakannya juga, penerapan aplikasi SIA BUMDes yang dirilis tahun 2016 oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI ini ditargetkan mampu untuk mengelola operasional BUMK dalam penganggaran dan penatausahaan keuangan.

“Selain itu, Bimtek ini juga ditargetkan untuk membantu penyusunan laporan keuangan dan pertanggungjawaban keuangan, serta pelaporan kinerja BUMK sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” terang Ilyas.

Ilyas Natsir juga menambahkan, pengadaan kegiatan ini turut melibatkan PT. Berau Coal sebagai pendukung acara. Melalui kegiatan ini, Kadis DPMK itu berharap setiap pengurus BUMK dapat mewujudkan sistem tata usaha yang mampu mengikuti perkembangan masa.

“Kami mengharapkan adanya sumber daya manusia yang profesional dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya sebagai pengelola keuangan BUMK, yakni, membuat laporan semesteran dan tahunan paling sedikit memuat laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, dan rincian masalah dalam kurun waktu tertentu,” tambah Ilyas.

Sementara itu, Asisten 1, M. Hendratno, yang mewakili Bupati Berau, Hj. Sri Juniarsih, MAS. menyatakan Pemkab Berau dalam hal ini mendukung penuh kegiatan Bimtek SIA BUMDes untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih, berwibawa, transparan, dan akuntanbel.

Baca juga:  Berau Marine Family Serahkan Santunan Rp 108 Juta untuk Korban Kebakaran Manunggal

“Melalui Sumber Daya Manusia yang profesional berbasis digital teknologi, kegiatan ini juga turut mendukung misi Kabupaten Berau dalam menciptakan SDM yang berkualitas di Kabupaten Berau” tutur Hendratno.

Lanjutnya, Hendratno mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau telah berkomitmen untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan cara mengoptimalkan sektor hilir sumber daya dan pertanian.

“Dalam arti luas yang berbasis kerakyatan dengan perluasan lapangan kerja dan pengembangan usaha berbasis pariwisata dan kearifan lokal,” tambah Hendratno.

Melalui Bimtek ini, Pemkab Berau berharap seluruh BUMK dapat menjalankan fungsinya dengan memprioritaskan sumber daya lokal yang berkelanjutan. Selain itu, sinergitas dan kerja sama dari Pemerintahan Kampung, LPM Perangkat Kecamatan, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terjalin dengan baik.

“Tentunya juga melibatkan masyarakat dalam rangka kemajuan dan kesejahteraan Kampung di Kabupaten Berau yang kita cintai ini,” tutup Hendratno. (Chr).

Read Previous

Bupati Ibrahim Ali Terima Penghargaan Pengelolaan Dana Desa 2021 Terbaik Ke 2

Read Next

Penyelenggaraan 6 Cabor Pada Porprov 2022 Dilaksanakan di Biduk – Biduk

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *