• Jumat, 29 Maret 2024

Maskapai Hanya Satu, Wabup Berau Lobi Air Asia Terbang ke Berau

BERAU, LENSAKU – Minimnya maskapai penerbangan yang melayani rute ke Bandara Kalimarau saat ini, tentunya menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau.

Setelah bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, di Jakarta pada Kamis (16/12/2021). Wakil Bupati Berau melanjutkan pertemuannya dengan manajemen Air Asia pada Jumat (17/12/2021) kemarin.

Diterima Head off Gov Relation Air Asia, Eddy Krismeidy, bersama Wabup Berau, H. Gamalis, berdiskusi terkait kondisi penerbangan ke Bumi Batiwakkal yang sampai saat ini hanya dilayani satu maskapai. Sebelumnya ada lima maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Kabupaten Berau.

Wabup Berau menyampaikan, Air Asia yang pernah mendarat di bandar udara Kalimarau dengan penerbangan carter, memiliki peluang untuk melayani rute reguler. Masuknya Air Asia diharapkan H. Gamalis memberikan pilihan maskapai bagi masyarakat yang bepergian dengan pesawat udara.

Terlebih dengan pesawat berbadan lebar Airbus seri A320 yang dioperasikan air asia. Selain itu juga akan memberikan pengaruh pada tiket pesawat yang tentunya akan bersaing.

“Ini harapan masyarakat Berau agar ada maskapai lain melayani penerbangan ke Kalimarau sehingga ada pilihan maskapai dan harga yang diharapkan lebih murah,” ungkap Wabup Berau.

Ditambahkan Wabup Berau, saat ini Pemkab Berau yang didukung Pemprov Kaltim tengah berupaya kembali membangkitkan sektor pariwisata dan layanan penerbangan menjadi salah satu pendorong accessibility bagi wisatawan berkunjung ke Destinasi wisata di Berau.

Air Asia menurutnya memiliki banyak program dalam mendukung promosi pariwisata dan ini sejalan dengan apa yang juga diseriusi Pemkab Berau. Terlebih wisata bahari maratua yang akan turut dipromosikan sebagai opsi kunjungan negara peserta G20 dengan wisata khusus diving.

“Bertambahnya maskapai diharapkan nantinya akan turut mendongkrok kunjungan wisata ke Berau,” ucap Wabup Berau.

Head off Gov Relation Air Asia, Eddy Krismeidy, menyampaikan terima kasih mendapat kesempatan untuk bertemu dan berdiskusi dengan Wakil Bupati Berau. Saat ini, dikatakannya Air Asia memang tengah fokus mengembangkan penerbangan domestik dan juga masih tetap ada beberapa penerbangan luar negeri.

Tentu apa yang disampaikan Wabup Berau disambut positif untuk membuka penerbangan ke Berau. Pihaknya segera menindaklanjuti bersama tim melakukan analisis peluang dibukanya rute penerbangan secara reguler.

“Mudah mudahan analisa kita bagus dan bisa segera eksekusi dengan membuka penerbangan ke Berau,” tambah Wabup Berau.

Dikatakan Eddy, Beberapa peluang kerjasama yang didiskusikan juga akan ditindaklanjuti, khususnya ada dukungan pariwisata Berau maupun kerjasama dengan pemerintah daeeah maupun korporasi dengan pihak swasta seperti perusahaan pertambangan maupun perkebunan yang ada di Kabupaten Berau.

“Tentu semua peluang kami analisa dan akan segera ada tim menindaklanjuti rencana ini,” tandas Wabup Berau. (Hms/Chr)

Read Previous

Wujud Toleransi Di Bumi Batiwakkal, Bupati Berau Resmikan Gereja Kibaid Jemaat Tanjung Redeb

Read Next

Gubernur Kaltim Bersama Bupati dan Wabup Berau Tinjau Proyek Dermaga Teluk Sulaiman

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular