• Senin, 17 Juni 2024

Bupati Sri Juniarsih Pimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara

BERAU, LENSAKU – Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih Mas, M.Pd, berkesempatan menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-73, yang diselenggarakan secara Hybrid bertempat di Lapangan Kantor Bupati Bali, Pada Senin (27/12) pagi hari.

Upacara juga di hadiri Oleh Pejabat Pimpinan Tinggi, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pelaksana Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Berau, Tokoh Masyarakat dan adat serta Peserta upacara dari perwakilan Seluruh OPD.

Dalam momentum itu, Bupati Sri Juniarsih membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Diterangkan bahwa Peringatan Hari Bela Negara tahun 2021 ini mengambil tema “Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Tema tersebut mengisyaratkan kita untuk terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju Indonesia Maju.

Kita masih berada dalam masa pandemi Covid-19. Krisis akibat pandemi ini harus kita hadapi dengan tepat, baik secara fisik dan non fisik. Seluruh sendi-sendi kehidupan kita mau tidak mau harus siap menghadapi akibat dari pandemi ini. Ketabahan, kesabaran, ketahanan, kebersamaan, kepandaian, dan kecepatan kita, semuanya diuji dan sekaligus diasah.

Presiden Jokowi dalam sambutannya, mengajak seluruh rakyat Indonesia sebagai bagian dari komponen bangsa untuk bersama-sama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semangat bela negara. Kobaran semangat ini tentu berasal dari seluruh komponen bangsa mulai dari prajurit TNI, polisi, pegawai, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri, mahasiswa, pekerja, buruh, dan elemen rakyat yang lainnya. Sejarah telah membuktikan bahwa negara Indonesia dibentuk oleh seluruh komponen bangsa. Pembentukan ini berawal dari pengorbanan yang dilakukan berpuluh-puluh tahun lalu dengan semangat bela negara. Membela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata dan berperang, tetapi juga dilakukan dengan upaya-upaya politik maupun diplomasi.

“Sekali lagi, saya mengajak kita semua menjalankan tugas dan tanggung jawab kebangsaaan kita, untuk ikut serta dalam bela negara, dimanapun kita berada. apapun pendidikan kita: apapun profesi kita, apapun pekerjaan kita, semua punya hak, semua punya kewajiban dan semua punya kesempatan yang sama untuk bela negara”, terang Presiden dalam sambutan tersebut.

Jadikan momentum hari bela negara ini, untuk meningkatkan semangat kita bersama dalam membela negara dan membangun bangsa. bangsa ini akan kuat dan besar, apabila kita semua mampu mengambil peran untuk menjadikan bangsa in lebih maju lagi. perkokoh semangat bela negara dan bah membahu, saling bergandeng tanga dalam menghadapi pandemi covid-19, agar kita tangguh melalui berbagai ujian, dan terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa. (Dez)

Read Previous

Mengaku Tak Penuhi Syarat Pendidikan, Satu Kepala Kampung Mengundurkan Diri

Read Next

Bupati Hadiri Peresmian Dana RT

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular