Kabar Gembira! Bandar Udara Kalimarau, Terapkan Aturan Perjalanan Tanpa PCR dan Antigen

Vinkmag ad

BERAU, LENSAKU – Untuk keberangkatan domestik di Bandar Udara Kalimarau Kabupaten Berau, sekarang telah mengikuti penerapan aturan terbaru.

Penerarapan aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menhub Nomor 21 Tahun 2022. Yang berlaku sejak tanggal 8 Maret 2022 kemarin.

Dijelaskan melalui Surat Edaran itu, perjalanan domestik tidak memerlukan persyaratan PCR maupun Antigen. Tetapi, peraturan itu diberlakukan secara khusus kepada pelaku perjalanan yang telah melakukan vaksinasi dosis kedua dan ketiga.

Sedangkan, untuk pelaku perjalanan yang hanya dilengkapi vaksinasi dosis pertama, masih wajib menunjukkan surat keterangan Antigen 1X24 Jam, dan PCR 3X24 jam harus dengan hasil yang negatif.

“Kami sudah mulai menerapkan sejak kemarin sore, keberangkatan terakhir ya. Sesuai aturan dari SE Menhub,” jelas Kepala BLU Bandar Udara Kalimarau Berau, Bambang Hartanto, Rabu (9/3/2022).

Pihaknya berkomitmen untuk pro bersama dengan pemerintah secara keseluruhan. Dikatakannya, pihaknya juga telah melakukan pemantauan kepada pelaku perjalanan yang memang tidak boleh mendapatkan vaksinasi lantaran kondisi khusus, maupun anak-anak yang berada di bawah umur 6 tahun, dengan pendamping perjalanan.

Dengan adanya aturan yang syah tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri dalam masa Pandemi Covid-19 telah dinyatakan tidak berlaku. Aturan tersebut, berlaku untuk perjalanan dengan transportasi udara, laut maupun darat.

Saat ini perjalanan hanya membutuhkan eHac sebelum keberangkatan, dan telah tersambung melalui sistem Pedulilindungi dengan keterangan bahwa layak berangkat.

Sejauh ini, diterangkan Bambang, terdapat 3-4 kali aktifitas untuk penerbangan dan kedatangan. Hanya dengan satu maskapai yang tersedia, tujuan Surabaya, Balikpapan dan Samarinda.

Pihaknya menyambut baik, aturan yang jauh lebih mempermudah keberangkatan masyarakat.

“Kami berharap dengan aturan yang sudah dianggap terbaik ini, bisa meningkatkan aktifitas dan pelayanan bandara kami. Semoga juga, maskapai lain kembali membuka rute ke Berau,” tutupnya. (Dez)

Baca juga:  Berau dan Kutim Pimpin Perolehan Poin di Kelas Ketiga Cabor Kriket

Read Previous

Ini Penjelasan DPMPTSP Mengenai Pendirian Resort Tak Berizin Di Maratua

Read Next

Tak Sampai Satu Jam, Minyak Goreng 1000 Liter Diskoperindag Ludes Diserbu Warga

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *