• Kamis, 20 Juni 2024

Dinas Pangan Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Ramadhan

BERAU, LENSAKU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau memastikan stok pangan terutama bahan pokok dalam kondisi aman untuk memenuhi kebutuhan warga selama bulan Ramadhan nanti. Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Pangan, Fattah Hidayat.

Dikatakan Fattah, stok pangan Kabupaten Berau yang disediakan jelang datangnya bulan Ramadhan sudah dihitung dari stok ketersediaan, jumlah maupun mutunya.

“Insya Allah aman. Kami sudah menghitung bahwa secara stok ketersediaan itu aman, baik jumlah maupun mutunya,” ujarnya, Kamis (31/3).

Lalu, Fattah juga memastikan enam kebutuhan pokok seperti beras, daging sapi, daging ayam, telur, susu, dan gula masih aman pada waktu menjelang Ramadhan seperti saat ini.

Untuk jumlah konsumsi beras dalam kurun waktu perhari dan perbulan di Kabupaten Berau, dipaparkan oleh Fattah 7,67 kg/orang/bulan, dan perhari 0,25 kg/orang/bulan. Sementara itu, stok beras berjumlah kurang lebih 1100 ton.

Diakui Fattah, pihaknya telah melakukan pemetakan pragnosa kebutuhan pangan selama periode Bulan Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri.

“Untuk pelaksanaan pemetakan pragnosa kebutuhan pangan, kami melakukannya itu setiap minggu dan hasilnya kami laporkan ke badan Pangan Nasional,” ungkapnya.

Fattah juga menerangkan, untuk persiapan stok pangan seperti gula pasir berjumlah 379 ton, minyak goreng sebanyak 262 ton, dan telur ayam dengan total 184 ton.

Terakhir, Dinas Pangan sudah memetakan pragnosa kebutuhan pangan selama periode bulan puasa hingga Idul Fitri yakni April-Mei 2022. Untuk beras diperkirakan mencapai 2.200 ton. Daging sapi sebanyak 50 ton, daging ayam sebanyak 200 ton, telur ayam sebanyak 90 ton, cabai rawit 73 ton. Kemudian, cabai besar keriting mencapai 80 ton, bawang merah sebanyak 70 ton, bawang putih sebanyak 44 ton, gula pasir sebanyak 200 ton, dan minyak goreng sebanyak 240 ton.

“Semoga dengan persiapan stok pangan kita untuk Bulan Ramadhan hingga Idul Fitri nanti cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” tutup Fattah. (Dez)

Read Previous

DPP SPJ Kaltara Gelar Vaksinasi Bareng Pasar Murah

Read Next

Satu Nakes Layani 675 WBP Jadi Perhatian Wabup Gamalis

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular