• Selasa, 16 Juli 2024

Bupati Lantik Komisi Irigasi Berau

BERAULENSAKU.ID – Komisi Irigasi Kaltim mengelar sidang di Kabupaten Berau, Selasa (16/5). Bertempat di Ballroom Hotel Exclusive, kegiatan dibuka oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas sekaligus mengukuhkan Komisi Irigasi Kabupaten Berau.

Kegiatan ini mengambil tema ‘Pengaturan Pola Tata Tanam dan Pengembangan Infrastruktur Irigasi Berkelanjutan’. Saat ini Berau juga ditetapkan dalam program percontohan pembangunan untuk pengembangan tata guna air. Yang ditetapkan di Labanan, Semurut dan Buyung-Buyung.

Dari data Komisi Irigasi Kaltim, saat ini banyak daerah yang sistem irigasinya belum optimal. Disebabkan oleh belum tersedianya penyedia air irigasi, jaringan irigasi yang belum menjangkau seluruh kawasan pertanian, termasuk pembangunan air yang belum merata. Melalui sidang ini diharapkan dapat mencapai suatu solusi yang nantinya dapat ditetapkan dalam peraturan bupati sebagai program tata tanam.

Bupati Sri Juniarsih menyampaikan, potensi sektor pertanian di Berau sangat besar. Didukung dari kesuburan tanah, luasan lahan dan ketersediaan air yang melimpah. Namun hal itu harus didukung dengan sumber daya manusia dan sarana serta prasarana memadai. Salah satunya jaringan irigasi yang baik. Sehingga penyaluran air dapat merata.

“Ketersediaan air cukup melimpah tapi belum merata. Hal ini pun sering menjadi konflik di lapangan. Sehingga diperlukan jaringan irigasi yang lebih jelas,” jelasnya.

Salah satu persoalan di sektor pertanian disampaikan bupati adalah kekurangan sumber daya manusia dan alih fungsi lahan. Meskipun memiliki lahan luas namun banyak yang belum tergarap. Karena kurangnya sumber daya manusia. Akibatnya terjadi alih fungsi lahan ke sektor perkebunan. Termasuk juga perubahan iklim global ya g saat ini dirasakan.

“Banyak petani yang belum konsisten dalam menggarap lahannya. Minimnya minat ini membuat lahan-lahan pertanian tidak tergarap optimal. Melalui kesempatan ini saya harap ada solusi yang dapat diambil. Para peserta sampaikan saja apa ya g jadi persoalan. Sehingga ada target yang bisa diambil kedepannya untuk menyelesaikan berbagai persoalan ini,” pungkasnya.(rdk)

Read Previous

Wabup Berau Tinjau Langsung Persiapan Perbaikan Jembatan Sambaliung

Read Next

Bupati Berau Ikuti Penanaman Mangrove Serentak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular