• Jumat, 29 Maret 2024

Pemkab Bearu Berikan Rp2,5 Miliar Untuk 10 Kampung Berprestasi

BERAU, LENSAKU.ID – Pemkab Berau terus berupaya mendorong percepatan dan pertumbuhan pembangunan di kampung. Salah satunya dengan memberikan apresiasi kepada kampung yang berprestasi.

Tahun 2023 ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) memberikan penghargaan kepada 10 kampung dengan kinerja pengelolaan keuangan terbaik.

Penghargaan yang diberikan berupaya dana insentif kampung (DIKA). Dengan total anggaran senilai Rp 2,5 miliar atau 1 persen dari alokasi dana kampung.

Sepuluh kampung yang diberikan yaitu Sembakungan dengan nilai DIKA Rp 400 juta, Bukit Makmur Jaya senilai Rp 350 juta, Batu Putih Rp 300 juta, Labanan Makarti Rp 250 juta.

Kemudian Kampung Merasa, Sido Bangen, Sumber Agung, Talisayan, Kayu Indah dan Tinggal Bumi masing-masing menerima DIKA senilai Rp 200 juta.

Selain pengelolaan keuangan kampung terbaik, sebelas kampung juga mendapatkan penghargaan dengan status IDM mandiri yang diberikan oleh pemerintah pusat. Sebelas kampung dengan IDM mandiri yaitu Talisayan, Pegat Bukur, Sri Bebani Bangun, Gurimbang, Sukan Tengah, Pulau Derawan, Tanjung Batu, Labanan Jaya, Labanan Makmur, Tembudan dan Batu Putih.

Dari data DPMK Berau saat ini indeks desa membangun (IDM) yaitu 11 kampung mandiri, 41 berstatus maju, 47 berkembang dan satu kampung tertinggal. Bupati Sri Juniarsih pun mendorong agar IDM ini bisa ditingkatkan terus. Dengan penghargaan berupa intensif diharapkan dapat memberikan semangat kepada pemerintah kampung untuk berlomba-lomba membangun kampung sesuai dengan target yang ditetapkan.

“Semoga kampung lainnya bisa mengikuti. Tidak ada kata terlambat. Terus berbenah menjadi lebih baik,” ujarnya.(rdk).

Read Previous

Tanam 5 Ribu Mangrove di Pesisir Pantai Amal Tarakan

Read Next

884 Peserta Lolos Tes Psikologi Bintara Polda Kaltara

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular