Deklarasi Pemilu Damai Anti Hoaks, Sinergitas POLRI – TNI Dan MEDIA

TARAKAN, LENSAKU.ID – Dalam rangka menyambut Pemilihan Umum 2024, sejumlah insan pers di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, mengadakan Deklarasi Pemilu Damai yang didukung oleh beberapa organisasi jurnalistik di Kalimantan Utara. Acara penandatanganan deklarasi ini diadakan pada Jumat malam tanggal 1 Desember yang ditandai dengan lomba gaple antara insan pers dengan Kapolres Tarakan.

Dalam deklarasinya, insan pers menyepakati untuk mendukung pelaksanaan pemilu yang damai dan aman, serta tidak terlibat dalam penyebaran berita bohong atau hoax. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mempererat silaturahmi antar insan pers di Kalimantan Utara.

Acara penting ini dihadiri oleh beberapa ketua organisasi jurnalistik seperti Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) wilayah Kaltara – Usman Coddang, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltara – Nicky Saputra, Ketua PWI Tarakan terpilih – M. Rizal, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Tarakan – Ika Ratnawati, dan Ketua Asosiasi Media Sosial dan Siber Indonesia (AMSINDO) Kaltara – Septian Asmadi. Pimpinan redaksi media cetak dan online juga turut hadir dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Usman Coddang  Ketua (IJTI) wilayah Kalimantan Utara sekaligus hal mewakili insan pers merasa bangga atas terselenggaranya sebuah acara yang mempererat silaturahmi antara IJTI, PWI, SMSI, dan AMSINDO menjelang pesta demokrasi. Selain itu, organisasi wartawan ini berkesempatan untuk berkolaborasi dengan aparat dan juga saling mendukung dalam membangun sistem dan nilai jurnalistik yang profesional serta beretika.

SAMBUTAN; Ketua IJTI Kaltara-Usman Coddang, sekaligus mewakili para insan pers saat memberi sambutan dalam acara Deklarasi Pemilu Damai. (1/12/23) Kota Tarakan.

Ia juga menekankan bahwa melalui kerja sama dengan aparat, para wartawan dapat membuat berita yang benar dan menekan penyebaran berita yang tidak benar atau hoax. Hal ini sangat penting dalam menciptakan pemberitaan yang berkualitas dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap profesi jurnalistik.

“Saya merasa bangga IJTI, PWI, SMSI dan AMSINDO bisa berkumpul, kita jarang berkumpul seperti ini. Dengan adanya acara ini bisa mempererat silaturahmi. Menjelang pesta demokrasi, bisa bersinergi dengan aparat, sehingga bisa menekan berita yang tidak benar,” Ucap Usman 

Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona, selaku tuan rumah acara juga berharap agar pemberitaan yang dihasilkan oleh pers dapat menciptakan suasana yang tenang dan damai di tengah masyarakat serta tidak mengandung berita hoax.

Pemberitaan yang baik harus dapat diklarifikasi dan diverifikasi kebenarannya, hal ini juga dapat membantu menciptakan kondusifitas di masyarakat Kota Tarakan. Ia juga berharap untuk tercipta sebuah sinergi yang baik antara media dan aparat keamanan dalam menciptakan kondusifitas di masyarakat Kota Tarakan.

“Mari kita bersama-sama, terutama dalam menjaga keamanan di kota kecintaan kita, untuk menyelenggarakan pesta demokrasi yang bersih dari hoaks” Tutur Ronaldo

Melalui deklarasi ini, diharapkan akan lahir sebuah spirit yang dapat mempererat kesatuan dan persatuan, terutama dalam menjaga keamanan di kota kecintaan kita, untuk menyelenggarakan pesta demokrasi yang bersih dari hoaks. Semoga kegiatan semacam ini dapat terus diadakan dan dapat mendukung terwujudnya pemilu yang damai, bermartabat, dan berintegritas tinggi.

Read Previous

Bupati Bulungan Terima Hibah Ventilator

Read Next

Kominfo: Tudingan Le Minerale Produk Pro Israel adalah Hoaks

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular