• Selasa, 17 September 2024

Pemkab Siapkan Unit Layanan Disabilitas

Tanjung Selor, Lensaku.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan meluncurkan Unit Layanan Disabilitas atau  ULD pada Rabu (31/7/2024). ULD menyediakan berbagai jenis layanan seperti kesehatan, pendidikan, pelatihan keterampilan, aksesabilitas dan advokasi hak disabilitas.

Peluncuran ULD merupakan hasil nyata dari komitmen pemerintah untuk memberikan pelayanan yang inklusif dan ramah bagi semua orang, tanpa terkecuali.

Bupati Bulungan, Syarwani menyatakan bahwa setiap individu, tidak memandang keterbatasan fisik atau mental, berhak untuk hidup sejahtera, menerima pendidikan yang layak, dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan sosial dan ekonomi.

“Saya berharap ULD ini dapat memberikan dukungan yang lebih komprehensif dan efektif untuk para penyandang disabilitas sehingga mereka dapat hidup lebih mandiri dan bermartabat,” kata Syarwani, Rabu (31/7/2024).

Selama ini, penyandang disabilitas selalu dihadapkan pada banyak kendala, seperti kesulitan dalam akses ke layanan atau fasilitas penting karena kurangnya pemahaman dan dukungan dari masyarakat dan pemerintah. Oleh karena itu, layanan ULD diharapkan dapat mengatasi sejumlah masalah yang dihadapi oleh penyandang disabilitas.

“Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam merancang dan membangun ULD ini, termasuk para kepala dinas, pemangku kepentingan, lembaga swadaya masyarakat, organisasi disabilitas serta para penyandang disabilitas dan keluarganya yang telah memberikan masukan berharga selama proses perencanaan,” ungkapnya.

Dia berharap bahwa para petugas dan staf ULD dapat memberikan pelayanan dengan penuh dedikasi, empati, dan profesionalisme, sehingga dapat menciptakan masyarakat yang inklusif dan berkeadilan. Diharapkan dengan adanya ULD, semua penyandang disabilitas dapat merasakan manfaatnya secara maksimal, serta dapat membantu mereka hidup mandiri dan bermartabat.

“Semoga ULD dapat berfungsi dengan baik dan memberikan manfaat yang sebesar-besar bagi para penyandang disabilitas,” tutupnya. (rdk2)

Read Previous

Sahkan Raperda RPJPD, DPRD : Jadikan Pedoman

Read Next

DPKP Kaltara Dorong Kemandirian Pangan Pertanian Keluarga

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular