Apa Fungsi NFC dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Fungsi NFC
Vinkmag ad

Lensaku.ID – NFC adalah singkatan dari Near Field Communication atau dapat diartikan sebagai komunikasi medan dekat. Mungkin NFC terdengar asing bagi beberapa orang karena memang belum cukup populer di Indonesia. Padahal banyak fungsi NFC yang berguna.

Fitur NFC ini ditemukan oleh seorang bernama Charles Walton pada tahun 1983. Sebelum ditemukan-nya NFC ada sebuah fitur yang sudah digunakan terlebih dahulu yaitu RFID atau Radio Frequency Identification. FItur NFC ini juga mulai banyak digunakan pada beberapa ponsel baik kelas mid-range maupun flagship. Secara mudahnya fitur NFC dapat mempermudah proses koneksi dan pertukaran data antara dua perangkat elektronik.

Apa Fungsi NFC?

Setelah mengerti apa itu NFC mari mengulas apa Fungsi dari NFC tersebut, fungsi dari NFC adalah mengirim dan menukar informasi tanpa harus menggunakan kabel asalkan kedua perangkat masih dalam jangkauan NFC itu sendiri, yaitu kisaran jarak 10 cm. Contohnya adalah ketika kita ingin berbagi foto, kontak, video dan berkas. Bahkan yang lebih menariknya kegunaan NFC sekarang bisa kita gunakan dalam bermain game dalam mode multiplayer, selain itu kita juga bisa melakukan transaksi pembelian tanpa tunai.Kecepatan transfer yang dapat dilakukan dengan fitur NFC beragam antara 106 kbit/s, 212 kbit/s dan 424 kbit/s.

Berikut adalah fungsi NFC seperti dirilis Suara.com yang dapat dimanfaatkan:

  1. Menyambungkan Handphone Dengan Wireless Router, Headset dan Speaker
  2. Melakukan Transfer File
  3. Menandai Lokasi Suatu Tempat
  4. Memberikan Informasi Smart Card
  5. NFC Tag
  6. Melakukan pembayaran Cashless

Bagaimana Cara Menggunakan NFC?

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah cek di Setting > Wireless & Networks, jika perangkat kompatibel dengan fitur NFC maka akan muncul opsi NFC. Dalam penggunaanya-pun sangat mudah, kamu cukup menempelkan bagian belakang Hp kamu dengan perangkat tertentu yang memiliki fitur serupa, contoh untuk melakukan transaksi cashless kamu cukup menempelkan bagian belakang HP yang secara otomatis akan terkoneksi dengan akun e-Banking.

Syarat untuk melakukan transaksi dengan NFC adalah kedua perangkat harus kompatibel dengan fitur NFC.

Apa kelebihan dan Kekurangan NFC?

Dengan adanya fitur NFC ini pengguna dapat lebih mudah, aman dan singkat dalam melakukan transaksi elektronik, disamping itu dapat mengurangi biaya produksi kertas dan mengurangi sampah kertas. Kelebihan NFC yang lain adalah  tidak membutuhkan daya yang besar dalam penggunaan-nya, NFC dapat melakukan pengiriman data dalam hitungan detik.

Adapun kekurangan dari fitur NFC ini yaitu jika dibandingkan dengan bluetooth kecepatan transfernya lebih lambat, ya walaupun NFC adalah fitur yang terbilang lebih canggih. Kekurangan NFC yang lain adalah tidak semua perangkat kompatibel dengan fitur NFC dibandingkan dengan Bluetooth yang ada di semua perangkat.

Read Previous

Provinsi Kaltara Termakmur Ke-4 di Indonesia

Read Next

Anjungan Migas Lepas Pantai Akan Dimanfatkan Budidaya Ikan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *