• Kamis, 20 Juni 2024

Polda Kaltara Amankan Tiga Pemilik Tambang Ilegal

Lensaku.ID – Wilayah Kalimantan Utara yang kaya membuat banyak orang mengeruk hasil alamnya secara sembarangan. Bahkan kegiatan ini telah berlangsung lama hingga tambang ilegal menjamur hampir di seluruh wilayah Kaltara. Salah satu yang banyak ditemukan di Desa Sekatak Buji, Kecamatan Sekatak, Kabupaten Bulungan.

Dari laporan masyarakat sekitar yang diterima oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kaltara tentang adanya aktifitas tambang emas ilegal yang berada di Desa Sekatak Buji. Bersama Ditintelkam dan Ditshabara Polda Kaltara, Ditreskrimsus melakukan razia gabungan dan menggrebek tiga tambang ilegal milik warga pada 18 Juli 2020 lalu.

Dari hasil penggrebekan itu didapati beberapa barang bukti. “Dari hasil razia gabungan, kami dapati 6 unit excavator, 1 kaleng sianida, 5 karung material tanah mengandung emas, 2 unit mesin air, 1 unit mesin lampu, dan 1 karung kapur, dari 3 tempat tambang juga 3 orang tersangka yang merupakan pemilik tambang ilegal itu,” papar Kabid Humas Polda Kaltara, Kombes Pol Budi Rachmat.

Ketiga pelaku yang merupakan pemilik tambang juga diwajibkan lapor selama delapan bulan sebelum penangkapan pekan lalu untuk melengkapi berkas-berkas pelimpahan ke Kejaksaan. “Kita telah melakukan penangkapan terhadap 3 tersangka yang merupakan pemilik dari masing-masing tambang emas ilegal tersebut, yaitu HR, S, dan H yang merupakan warga Sekatak Buji,” tambahnya.

“Ketiganya telah ditahan dan dititipkan di Rutan Polres Bulungan, dan pelaku diduga melanggar undang-undang pasal 158 JO pasal 35 dan atau pasal 161 JO pasal 35 ayat (3) huruf c dan huruf g UURI No. 3 tahun 2020 tentang perubahan atas UU No 4 tahun 2009 tentang mineral dan batubara,” terangnya.

Ketiga tersangka saat ini menunggu pelimpahan tahap dua dan dinyatakan telah P21 yang mana berkas telah lengkap untuk dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Tanjung Selor. (***)

Read Previous

Bahan Pokok dari Serawak Masuk Kembali ke Nunukan

Read Next

Signal, Aplikasi Pesaing WhatsApp yang Diklaim Lebih Aman

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular