Nunukan Bakal Miliki Satu Kecamatan Baru

Nunukan
Vinkmag ad

Lensaku.IDKabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) bakal memiliki satu kecamatan baru. Kepala Bagian Pemerintahan Setkab Nunukan, Surai menyebut, Pulau Nunukan bakal punya satu kecamatan baru, bila dua desa persiapan di Binusan menjadi desa defenitif.

“Dua desa persiapan yang berada di Binusan itu yakni Desa Binusan Dalam dan Desa Ujang Fatimah. Kedua desa persiapan itu dimekarkan pada tahun 2020 lalu,” katanya.

Menurut Surai, dua desa persiapan itu akan menjadi langkah awal pemerintah daerah dalam rencana membentuk satu kecamatan baru di Pulau Nunukan.

Mengingat, Pulau Nunukan hanya memiliki dua kecamatan saat ini yakni Kecamatan Nunukan dan Kecamatan Nunukan Selatan.

“Iya itu target jangka panjangnya. Bila dua desa persiapan itu sudah menjadi desa definitif, maka akan mulai fokus pada rencana membentuk kecamatan baru di Pulau Nunukan,” imbuhnya.

Karena syarat di perbatasan wilayah negara itu boleh 5 desa untuk satu kecamatan. “Ini langkah untuk memperpendek jarak pelayanan kepada masyarakat,” ucap Surai.

Saat ini, sambungnya, untuk Kementerian Desa sedang dalam moratorium. Sehingga, untuk mewujudkan desa persiapan menjadi desa definitif perlu sinergitas antara pemerintah daerah dan provinsi.

“Itulah alasan mengapa kenapa kita harus perjuangkan melalui Gubernur. Karena dia perpanjangan tangan dari pemerintah pusat di daerah. Kalau kita dari bawah itu kesulitan. Karena di Indonesia sudah ada 72 ribu lebih desa yang saat ini moratorium,” pungkasnya.

 

Read Previous

Lowongan Kerja Honda Motor untuk Lulusan D4 dan S1

Read Next

Poco M3 Pro 5G, HP 5G Termurah di Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *