• Sabtu, 20 April 2024

Air Mineral Sirma Masuk Daftar Produk Diboikot, Diminum Pasukan Israel

Lensaku.ID – Setelah seruan untuk memboikot beberapa produk asal Amerika Serikat (AS), kini sebuah perusahaan air Sirma yang didirikan Turki juga mengalami seruan boikot, setelah video yang menunjukkan sekelompok tentara Israel meminum produk tersebut di Gaza menjadi viral.

Video yang beredar luas di media sosial menunjukkan tentara Israel tersenyum duduk mengelilingi meja di barak militer darurat yang tampaknya adalah sebuah sekolah.

Saat itu, sebotol air Sirma ada di atas meja. Dengan menggunakan tagar #BoykotSirmaSu, pengguna media sosial mendesak konsumen untuk berhenti membeli air dari perusahaan yang dibeli oleh raksasa Prancis Danone pada tahun 2013.

“@sirmaturkiye menjaga pasukan pendudukan Israel tetap terhidrasi saat mereka melakukan genosida terhadap warga Palestina di Gaza,” kata salah satu pengguna di platform X, dikutip dari The New Arab, Jumat, 15 Desember 2023.

“Kami melanjutkan boikot kami dengan cara sekuat mungkin. Kami tidak membeli produk-produk pembunuh bayi dan Zionis. #BoykotS?rmaSu,” kata yang lain.

Di lain sisi, Sirma mengatakan di situsnya bahwa produknya dapat ditemukan di Israel, namun daftarnya tidak menyebutkan wilayah Palestina.

Seruan untuk memboikot Sirma sudah ada sebelum video tersebut dibuat, karena Danone secara rutin masuk dalam daftar boikot.

Beberapa artikel dari media Turki yang diterbitkan sejak perang Israel di Gaza, sempat mengajukan pertanyaan: “Apakah Sirma adalah air milik Israel?”

Sebagai informasi, serangan Israel di Gaza telah menewaskan hampir 19.000 orang sejak awal perang, dan membuat hampir seluruh penduduk Gaza mengungsi dari rumah mereka. Serangan brutal ini telah menyebabkan seruan untuk memboikot perusahaan-perusahaan yang mendukung atau dianggap mendukung Israel.

Dalam apa yang dipuji sebagai kemenangan bagi gerakan Boikot Divestasi dan Sanksi (BDS) akar rumput Palestina, merek pakaian olahraga Puma mengumumkan bahwa mereka mengakhiri perjanjian sponsorship dengan asosiasi sepak bola Israel.

Meskipun Danone tidak termasuk dalam daftar perusahaan yang akan diboikot oleh gerakan BDS, di masa lalu Danone mempunyai kaitan dengan gerakan kelompok lain yang memboikot perusahaan tersebut. ***

Read Previous

Kapolda Kaltara Beri Arahan Kepada Personel Polri Yang Memiliki Hubungan Keluarga Dengan Para Caleg Pemilu 2024

Read Next

Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Nataru

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular