• Selasa, 17 September 2024

DPRD Minta Pemkab Serius Berdayakan UMKM Demi Akselerasikan Pertumbuhan Ekonomi

Tanjung Selor, Lensaku.id – Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bulungan, Mustafah, mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan lebih serius mendorong optimalisasi pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya di Kota Tanjung Selor.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Menurut Mustafah, UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian daerah, khususnya dalam menyerap tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya serius dari Pemkab untuk mendukung perkembangan UMKM di Bulungan,” ujar Mustafah, Sabtu (4/5/2024).

Ia menjelaskan, beberapa upaya yang dapat dilakukan Pemkab untuk mendorong optimalisasi pemberdayaan UMKM antara lain dengan memberikan pelatihan, pendampingan, dan akses permodalan yang mudah dan murah.

Pemkab juga perlu membantu UMKM dalam memasarkan produk mereka, baik secara offline maupun online.

Selain itu, upaya-upaya tersebut, ia juga meminta Pemkab mendorong aspek kualitas produk, keberlanjutan usaha, persaingan yang sehat, serta aspek lain seperti penataan lokasi berjualan, dan aspek kebersihan UMKM dan produknya.

“UMKM memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan dan membuka lapangan pekerjaan baru. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya serius Pemkab, mendukung perkembangan UMKM dari sektor hulu hingga hilirnya,” ujarnya.

Mustafah berharap, dengan optimalisasi pemberdayaan UMKM, Bulungan menjadi daerah yang maju dan mandiri, serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. (rdk2)

 

Read Previous

Kilat Serukan Kolaborasi Paguyuban-Pemda, Bisa Pacu Percepatan Pembangunan 

Read Next

DPRD Bulungan Minta Eksekutif Pacu Kegiatan di Triwulan II 2024

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular