• Selasa, 17 September 2024

DPRD Optimis PLTA Kayan Cascade Dongkrak Ekonomi Daerah dan Nasional

Tanjung Selor, Lensaku.id – DPRD Bulungan cukup optimis terkait dampak positif Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade bagi perekonomian daerah, bahkan nasional.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Bulungan, Kilat saat menghadiri syukuran kemajuan pembangunan proyek PLTA Kayan Cascade di Kecamatan Peso, Kamis (30/5/2024).

Kilat meyakini bahwa PLTA Kayan Cascade berkapasitas 900 Megawatt (MW) ini akan menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di Bulungan dan sekitarnya.

“PLTA ini bukan hanya menghasilkan energi listrik, tetapi juga membuka peluang investasi dan lapangan kerja baru,” katanya, Kamis (30/5/2024).

Ia menambahkan, proyek raksasa ini juga akan meningkatkan konektivitas antarwilayah, membuka akses ke daerah terpencil, dan mendorong pengembangan sektor pariwisata.

“PLTA Kayan Cascade akan menjadi ikon baru Bulungan, Kalimantan Utara, dan Indonesia” tandasnya.

Lebih lanjut, Kilat mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung kelancaran pembangunan PLTA Kayan Cascade.

“Mari kita jaga kondusifitas dan mendukung proyek ini agar dapat segera beroperasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” imbuhnya.

Ia juga optimistis, keberadaan investasi di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kaltara ini mampu menyerap tenaga kerja lokal.

Dijelaskannya, PLTA Kayan Cascade juga akan menjadi pembangkit listrik tenaga air terbesar di Asia Tenggara dan akan memprioritaskan suplai kebutuhan sumber energi listrik untuk Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) Tanah Kuning dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kita harapkan keterlibatan masyarakat di Peso dan Bulungan umumnya untuk terlibat langsung dalam berbagai aktivitas pekerjaan di proyek ini, sesuai dengan kapasitas dan kompetensinya,” ujar dia.

Acara syukuran kemajuan pembangunan PLTA Kayan Cascade dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Gubernur Kaltara, Bupati Bulungan, perwakilan PT Kayan Hydro Energi (KHE), dan tokoh masyarakat setempat. (rdk2)

 

Read Previous

Dukung Peningkatan Fasilitas Umum di Kecamatan Tanjung Palas

Read Next

Apresiasi Upaya Konservasi Mangrove Delta Sungai Kayan, Farida Optimistis Hasil Positif

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular