• Selasa, 17 September 2024

Dewan Dorong Hilirisasi Kakao

TANJUNG SELOR – Ketua DPRD Bulungan, Kilat Bilung hadiri penanaman perdana kakao di Batolaga kilometer (km) 57 Desa Sajau, Tanjung Palas Timur, Bulungan, pada Selasa (2/7/2024).

Dalam kesempatan itu, Kilat mengapresiasi penanaman perdana kakao yang dilakukan Pemda Bulungan bersama kelompok tani perhutanan sosial “Kaltara Bersatu”.

“Tercatat sebanyak 35 ribu bibit kakao yang sudah disemai untuk ditanam di lahan seluas 100 hektare (ha) lebih,” kata Kilat.

Penanaman perdana kakao ini dilakukan sebagai  implementasi Surat Keputusan (SK) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Nomor SK.9349/MENLHK-PSKL/PKPS/PSL.0/11/2022 tentang Pemberian Persetujuan Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan kepada Kelompok Tani Hutan Kaltara Bersatu seluas lebih kurang 185 Hektare.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berada di sekitar kawasan hutan melalui pemanfaatan potensi dalam kawasan hutan dengan skema pengelolaan perhutanan sosial,” ungkapnya.

Kedepan, diharapkan kelompok tani “Kaltara Bersatu” dapat mengikuti jejak Desa Pejalin yang sudah melakukan hilirisasi produk kakao dalam bentuk bubuk dan batangan melalui rumah produksi cokelat.

“Iya, kedepan saya berharap bisa melakukan hilirisasi produk kakao,” tutupnya. (rdk2)

 

 

Read Previous

Pembangunan KIHI-PLTA, DPRD : Perhatikan Dampak Sosiologis, Lingkungan maupun Ekonomi Masyarakat

Read Next

Awali Pekan Juli, Gubernur Kaltara Terima Audiensi BUMN Hingga Kelompok Masyarakat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular