• Selasa, 21 Mei 2024

Musyawarah Besar Masyarakat Bulungan Tidung Terselenggara Untuk Pertama Kalinya

Tanjung Selor, Lensaku id – Untuk pertama kalinya musyawarah besar ( mubes ) dua suku di Kalimantan Utara ini digelar, yakni musyawarah besar suku bulungan dan suku tidung

Kegiatan yang dilaksanakan di kecamatan Tanjung Palas  Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara (7/3/2020) dihadiri oleh tokoh adat dan masyarakat suku bulungan serta suku tidung se-Kaltara selain itu, turut hadir Gubernur Kaltara Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Bulungan Kapolres dan Dandim 0903 Bulungan serta Bupati Kabupaten Tana Tidung yang sekaligus ketua adat tidung ulun pagun Kalimantan Utara.

Secara simbolis dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Gubernur kaltara Irianto Lambrie acara pembukaan musyawarah besar suku bulungan dan suku tidung ke 1 telah resmi dibuka.

Dalam kesempatan itu gubernur kaltara Dr. H. Irianto Lambrie sangat mengapresiasi dan mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini selaku pemerintah pihaknya akan terus mendukung dan membrikan ruang untuk pengembangan budaya yang ada Kalimantan Utara.

Irianto lambrie juga menyampaikan bahwa mubes yang dilaksanakan ini merupakan bagian konsolidasi masyarakat adat bulungan – tidung dalam menyamakan presepsi untuk membangun kembali khasanah budaya dengan harapan mubes ini bisa membawa semangat dan mengangkat harkat martabat masyarakat adat yang ada di Kalimantan Utara.

Ditempat yang sama ketua umum adat tidung ulun pagun kaltaraDr. H. Undunsyah mengungkapkan dari jaman kesultanan dan 75 tahun kemerdekaan bangsa Indonesia belum pernah dilakukan musyawarah besar oleh dua komunitas suku bulungan maupun suku tidung pada mubes kali ini adalah yang pertama kali dilakukan dan akan menjadi sejarah bagi kedua komunitas suku bulungan dan suku tidung.

Dengan terselenggaranya mubes ini Undunsyah mengharapkan hal ini bisa dijadikan tonggak silaturahmi untuk mempererat persaudaraan suku bulungan dan suku tidung pada masa yang akan datang.

Dalam rencana atau agenda mubes yang sudah disusun oleh panitia kegiatan selanjutnya pada minggu 8 maret 2020 akan dilakukan rapat di salah satu hotel di Tanjung Selor untuk membahas dan menyamakan presepsi dalam rangka membangun kaltara yang lebih baik lagi.

Read Previous

Covid-19 Dapat Dihindari Melalui Peningkatan Imunitas Tubuh

Read Next

Bosan Dengan Motor Yang Gitu – Gitu Aja ? Ini Dia Rekomendasi Motor Costum Yang Bakal Bikin Kalian Makin Kece

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular