• Selasa, 28 Mei 2024

Corona Melanda, HUT RI ke-75 Bakal Berbeda

Tanjung Redeb- Lensaku.id. Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau menggelar rapat lanjutan yang dilaksanakan dalam Ruang Sangalaki Kantor Bupati Berau pada Selasa (21/7) Pagi.

Rapat yang dipimpin oleh Asisten I Datu Kesuma tersebut didampingi oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pihak keamanan.

Datu -sapaan akrabnya- mengatakan rapat dilaksanakan merupakan bentuk dari tindak lanjut rapat sebelumnya terkait partisipasi menyemarakkan hari ulang tahun RI ke-75.

Namun demikian, peringatan HUT RI di tengah terpaan wabah Covid-19, bakal berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk tahun ini peringatan HUT agak berbeda dari tahun sebelumnya, karena dilaksanakan di masa Covid-19. Jadi mulai dari undangan dan lainnya dibatasi secara jumlah begitu pun Paskibraka ditiadakan,” ungkapnya.

Sebagai penghormatan pada bendera pusaka, dirinya telah mempersiapkan 5 unit mobil yang masing-masing bakalan stay di beberapa fasilitas umum di Bumi Batiwakkal -sebutan Berau.

“Iya kami sudah sediakan 5 unit mobil untuk menjaga di PSAD Berau, Tepian Ahmad Yani dan lainnya dengan maksud mengajak masyarakat menghentikan aktivitas sementara, saat detik-detik proklamasi berlangsung,” terangnya.

Dengan serba kesederhanaan, beberapa hal tersebut dilakukan guna mengurangi penularan wabah virus non-alam (Covid-19) yang saat ini masih belum usai.

Untuk pelaksanaan upacara, dilaksanakan di satu tempat yakni di halaman Kantor Bupati Berau.

“Pelaksanaannya nanti hanya dilakukan di kantor Bupati dan tidak seperti dulu yang ramai dan banyak masyarakat,” ungkapnya.

Lantaran hanya dilaksanakan di satu tempat, 13 kecamatan di Bumi Batiwakkal tidak diizinkan menyelenggarakan di wilayahnya masing-masing. Hal ini guna mengantisipasi berkumpulnya masa dalam jumlah banyak.

“Acara di kecamatan ditiadakan, dan hanya fokus pada satu titik yakni di kabupaten,” ujar Eks Kepala DPMPTSP Berau tersebut.

Hal yang sama juga diterapkan bagi OPD dibawah naungan Pemkab Berau untuk memperingati HUT RI di rumah masing-masing, lantaran Pemerintah Pusat menyelenggarakan kegiatan yang sama dengan menggunakan via daring.

“Setelah nantinya acara di kabupaten usai, SKPD di lingkup Berau lanjut mengikuti acara yang diselenggarakan istana negara melalui via online dan bertempat di Balai Mufakat,” tutupnya. (*/sgp).

Read Previous

Tutorial Pengawasan Coklit ( Bawaslu Kota Tarakan )

Read Next

Komisi I DPRD Berau : Bakal Evaluasi Sistem Sekolah Daring

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular