• Sabtu, 27 Juli 2024

SMK Berijazah Diploma Akan Segera Dibuka di Kaltara

TANJUNG SELOR, lensaku.ID – Program SMK-D2 Fast Track atau sekolah menengah kejuruan (SMK) selama 4 tahun akan segera dibuka di Kalimantan Utara (Kaltara). Pada program ini lulusannya akan mendapatkan ijazah Diploma 1/Diploma 1 (D1/D2).

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltara, Firmanannur mengatakan, program ini merupakan inovasi dari Direktur Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai upaya dalam perbaikan pendidikan vokasi tingkat menengah.

Menurutnya, saat ini Kaltara memiliki 3 sekolah berprogram belajar 4 tahun. Yakni SMK 1 Bunyu dengan jurusan otomasi teknik pengeboran, SMK 4 Tarakan jurusan multimedia animasi, dan SMK Tanjung Palas Timur di Mangkupadi dengan jurusan otomasi industri.

“Yang sudah berjalan, baru SMK 1 Bunyu. Bahkan sekolah tersebut sudah melakukan MoU (Memorandum of Understanding) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Selebihnya, baru buka tahun ini,” ungkap Firmanannur seperti dilansir Humas Kaltara.

Untuk jurusan otomasi teknik pengeboran SMK 1 Bunyu, telah didaftarkan kepada direktorat vokasi agar siswa yang mengikuti pelatihan di tahun terakhir dapat terhitung atau tercatat sebagai mahasiswa di direktorat vokasi sehingga lulusannya akan diberikan ijazah D1 atau D2.

“Mereka 3 tahun sekolah di SMK, kemudian dilanjutkan 1 tahun praktek industri yang dibimbing oleh DUDI bersama dengan Politeknik. Pemberian ijazah D1 atau D2 akan ditentukan dari kompetensi keahliannya,” paparnya.

Sementara itu, untuk kerjasama dengan politeknik masih menunggu edaran dari direktorat jenderal vokasi terkait. Kerjasama ini diperkirakan dapat terealisasi sekitar awal Agustus mendatang.***

Read Previous

Pemprov Kaltara Akan Segera Lebarkan Jalan Durian di Tanjung Selor

Read Next

Hari Ketiga ”Si Ega” Tiba Di Kecamatan Tulin Onsoi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular