• Kamis, 28 Maret 2024

Ingkong Ala: Desa Sadar Kerukunan Penjaga Bulungan

BULUNGAN, lensaku.ID –  Wakil Bupati (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tanjung Palas dan Kecamatan Tanjung Palas Tengah pada Selasa (28/7). Kegiatan dalam rangka pembinaan Desa Sadar Kerukunan bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulungan.

“Adanya kegiatan ini bertujuan membangun sinergitas antara pemerintah daerah dan masyarakat desa di kecamatan se-Kabupaten Bulungan,” ujar Wabup Ingkong Ala yang sebelumnya juga melaksanakan kegiatan serupa di Kecamatan Tanjung Palas Utara dan Kecamatan Sekatak.

Dijelaskan, adanya pembinaan Desa Sadar Kerukunan merupakan upaya pemerintah dalam menjaga keharmonisan antar umat beragama karena keanekaragaman suku dan agama juga memiliki potensi timbulnya konflik. Segenap unsur masyarakat pun diingatkan makna Bhineka Tunggal Ika yaitu keanekaragaman Bangsa Indonesia merupakan satu kesatuan.

“Beberapa bulan ke depan kita akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berupa pemilihan Bupati dan pemilihan Gubernur. Kita harapkan akan berjalan dengan baik, jangan ada yang mangadu domba, konflik. Hindari itu semua, mari kita sukseskan Pilkada di Kabupaten Bulungan, ” pinta Ingkong Ala.

Bahaya Narkoba

Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala selaku Ketua Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bulungan juga mengimbau agar para orangtua dapat menjaga serta menjauhkan anak-anak dan generasi muda dari bahaya narkoba. Karena bahaya narkoba sudah terbukti merusak berbagai lapaisna masyarakat.

“Jangan takut untuk melapor Badan Narkotika Nasional apabila anak mengunakan narkoba, sehingga kita dapat melakukan rehabilitasi terhadap anak,” imbaunya.

Sementara, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Bulungan, H Achmad Sidiq, SIP menjelaskan, program Desa Sadar Kerukunan membutuhkan kerjasama semua pihak karena memiliki beberapa indikator.

“Yang utama adalah tingkat pemahaman keimanan dan ketakwaan sehingga dapat terwujudnya kerukunan antar umat beragama,” sebutnya. Kepala Kantor Kementerian Agama Bulungan, Hamzah, SAg juga menambahkan, agar kegiatan keagamaan di tingkat desa hingga kecamatan dilaksanakan sesuai kondisi wilayah terkait pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

“Saya berharap seluruh masyarakat harus kompak dan solid untuk melawan pandemi Covid-19 dan memutuskan rantai penularannya,” ajaknya.(MC Bulungan/KP)

Read Previous

Bansos Tahap II dan III di Nunukan Menanti Payung Hukum

Read Next

Purna Paskibraka Kembali Bertugas Kibarkan Bendera

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular