• Selasa, 28 Mei 2024

Panen Padi Dikampung Buyung-Buyung, Ciptakan Inovasi Pertanian, Agar Produksi Meningkat

Tanjung Redeb- Lensaku.id. Kehidupan masyarakat Kampung Buyung-Buyung di Kecamatan Tabalar ini tidak semuanya bergantung pada sektor perikanan dengan hasil laut yang melimpah.

Tetapi kilau pertanian juga ikut menyulap  kampung ini menjadi wilayah gaduh yang sarat akan uang. Pertanian dikampung penghasil udang laut ini bagaikan gula, memikat dan membuat gairah kelompok petani makin giat berusaha, agar kehidupan mereka juga mencapai perubahan.

Memasuki penghujung Agustus ini, Kampung Buyung-Buyung menggelar hajatan panen padi sawah, yang digelar secara seremonial oleh pemerintah kampung dan masyarakat.

Ini juga sebagai bentuk wujud syukur warga atas berkah yang diberikan sang maha kuasa.

Panen padi sawah ini dihadiri khusus oleh Bupati Berau, H.Muharram serta Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kaltim, Dadang Sudarya, Senin (25/08/20) tadi siang.

Turut hadir pula, Ketua DPRD Berau Madri Pani, Sekda Muhammad Gazali, Ketua PKK Sri Juniarsih Muharram, Asisten serta beberapa kepala OPD dilingkup Pemkab Berau.

Kepala Kampung Buyung-Buyung, Mustafa dalam laporannya menyampaikan,  panen ini merupakan yang pertama digelar pada tahun 2020, dengan luas panen mencapai 485 hektar yang telah digarap oleh petani.

Menurutnya, potensi pertanian dikampung ini memiliki potensi yang sangat menjanjikan, dan pemerintah kampung pun turut mendukung, dan fokus dalam hal pengembangan serta pembangunan jalan usaha tani serta pembuatan irigasi.

“Kami sebagai pemerintah kampung, turut serta memberikan dukungan, agar petani disini dapat lebih giat menggarap lahan pertanian mereka, agar produksi semakin meningkat,” katanya.

Bupati H.Muharram dalam sambutannya memberikan apresiasi apa yang telah dilakukan pemerintah kampung Buyung-Buyung untuk warganya.

Dijelaskannya, di Kabupaten Berau memiliki potensi 13 ribu hektar lahan pertanian yang tersebar dibeberapa kecamatan.

Ketika lahan ini benar-benar dapat dikelola dan digarap maksimal, dengan dukungan SDM serta sarana dan prasana pertanian yang memadai tentu akan memberikan hasil panen yang begitu melimpah, dan kesejahteraan para petani disini juga dapat tercapai.

Lanjut Bupati, Pemerintah Kabupaten Berau saat ini telah membentuk tim yang tugasnya melakukan pemetaan wilayah pemanfaatan lahan, dengan target agar lahan pertanian dapat lebih dimaksimalkan dalam pengunaan tanpa ada alih fungsi.

“Harapan saya petani dapat benar-benar memanfaatkan lahan ini, ciptakan inovasi  buat pertanian terpadu yang bisa memberikan nilai produksi meningkat, dan memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan petanui itu sendiri,”ungkapnya.

Diacara panen padi ini, Bupati H.Muharram juga melakukan penandatangan prasasti peresmian Jalan Dermaga Muara Radak, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan beasiswa bagi pelajar.

Ditempat yang sama, Kakam Buyung-Buyung, Mustafa menyerahkan secara simbolis kemasan beras yang diproduksi kampung kepada Bupati, Ketua DPRD dan Kepala Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kaltim. (*/Repost@pemkabberau/sgp).

Read Previous

Menteri Kelautan dan Perikanan Bakal Kunjungi Maratua, Berikut Rangkaian Kegiatannya

Read Next

Pemprov Kaltara Dukung Pengembangan Skill Penata Rias

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular