Belum di Gubris, IPMKN Harapkan Realisasi Asrama Permanen Dari Pemkab Nunukan

Lensaku.id. Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Nunukan ( IPMKN ), angkat bicara terkait peran Pemerintah Kabupaten Nunukan yang di rasa belum maksimal dalam memberikan support kepada para Mahasiswa yang tengah menempuh perkuliahan di Kota Tarakan.

Pendidikan menjadi salah satu kunci kemajuan suatu daerah bahkan sebuah Negara. Pemuda sebagai generasi penerus bangsa idealnya mempunyai peran dalam kemajuan bangsa, pentingnya generasi muda dalam akselerasi pembanngunan termasuk pula dalam kehidupan Bangsa dan Negara sehingga dapat dikatakan baik buruknya suatu Negara maupun daerah dapat dilihat dari kualitas Pemudanya.

M.Faisal Sultan Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Nunukan ( IPMKN ), dalam wawancara bersama Lensaku.id, menyampaikan beberapa keresahannya terkait para Mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Nunukan dan sedang menempuh pendidikan di berbagai Perguruan Tinggi khususnya Kota Tarakan.

“Saat ini ada kurang lebih 1.000 (Seribu) orang mahasiswa/i yang berasal dari kabupaten nunukan sedang menempuh dan melanjutkan pendidikan jenjang S1 di berbagai kampus dan perguruan tiggi yang ada di Kota Tarakan. Namun mirisnya mahasiswa/i saat ini masih kekurangan fasilitas tempat tinggal yang memadai, dan mampu menampung cukup besar jumlah Mahasiswa yang ada.

Selama ini memang sudah ada Asrama putra dan putri untuk mahasiswa/i Kabupaten Nunukan yang ada di Kota Tarakan, hanya saja sifat asrama tersebut masih berstatus sewa/kontrak dalam masa satu tahun terlebih dengan anggaran yang begitu kecil dengan 65-70 juta tentu hanya bisa mendaptakan rumah yang tidak begitu besar dengan jumlah kamar paling banyak 7 ruangan tentu ini menjadi problem untuk menampung banykanya jumlah mahasiwa/i yang berkisar 1.000 orang lebih tadi.

Belum lagi karna status asrama yg bersifat sewa/kontrak ini tentu memberikan kesibukan sendiri bagi teman-teman pengurus setiap tahunnya untuk mengurusi persoalan pencarian rumah baru, dan pengurusan administrasi ke Pemkab Nunukan yang kami anggap banyak membuang-buang waktu belajar kami,” Ungkap Ical –sapaan akrabnya-.

Para Mahasiswa yang tergabung dalam satu Organisasi Kedaerahan IPMKN ini menaruh harapan kepada Pemerintah Kabupaten Nunukan, agar bisa secepatnya di berikan fasilitas berupa asrama permanen.

“Dengan ini besar harapan kami agar Pemkab Nunukan bisa segera menyediakan asrama permanen yang layak bagi mahasiswa/i Kabupaten Nunukan di Kota Tarakan. Asrama sangat penting untuk wadah berkumpul dan bersilaturahmi apalagi ditahun 2020 ini kita sedang memasuki tahun ajaran baru tentu asrama merupakan salah satu fasilitas yang sangat di butuhkan oleh seluruh mahasiswa/i.

Apalagi dengan harga sewa kos-kosan yang terhitung mahal tentu akan berdampak terhadap biaya pendidikan teman-teman Mahasiwa sementara banyak yg berasal dari keluarga yg berprofesi sebagai petani dan nelayan dengan ekonomi yang pas-pasan. Harapan kami kedepan agar pemerintah Kabupaten Nunukan ataupun DPRD setempat bisa mengalokasikan dana khusus untuk pembangunan asrama permanen atau pun menambah insentif dana untuk pencarian asrama yg lebih besar dan layak sebagai upaya peningkatan SDM para Mahasiswa Nunukan,” Harapnya.

Disampaikan juga bahwa hal ini sudah lama menjadi keluhan mereka, namun sampai hari ini belum ada perhatian khusus dari Pemerintah Daerah, semoga kedepannya pemerintah lebih memperhatikan kebutuhan mahasiswa/i yang sedang menuntut ilmu diluar daerah Kabupaten Nunukan.

 

Read Previous

Rapat Video Conference Kordinasi Penanganan Covid-19

Read Next

Tingkatkan Program Pemagangan untuk Kurangi Pengangguran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular