Pemeriksaan Kesehatan Pasangan Ragam Ditunda

Tanjung Redeb- Lensaku.id. Tahapan lanjutan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Berau tahun 2020 telah sampai pada pemeriksaan kesehatan bagi para bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Berau.

Setelah sebelumnya pada 4-6 September 2020, KPU Berau membuka pendaftaran bapaslon.

Di tanggal 11-12 September 2020, tahapan pemeriksaan telah usai.

Namun demikian, dari dua paslon yang mendaftar, baru satu yang dinyatakan memenuhi persyaratan. Yaitu pasangan Seri Marawiah-Agus Tantomo (Harmoni).

Sementara untuk Muharram-Gamalis (Ragam) masih menunggu pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini lantaran salah satu dari mereka terkonfirmasi positif Covid-19.

Alhasil, pemeriksaan kesehatan untuk pasangan tersebut harus ditunda sementara waktu.

Ketua KPU Berau, Budi Harianto yang dikonfirmasi pada Minggu (13/9) siang mengungkapkan, sesuai dengan schedule dalam PKPU no 5 tahun 2020, pemeriksaan kesehatan telah dilakukan.

“Dan datanya sudah diserahkan ke KPU maupun masing-masing bapaslon. Untuk Seri Marawiah-Agus Tantomo itu memenuhi syarat. Sedang pasangan Muharram-Gamalis ditunda karena pak Muharram terkonfirmasi positif Covid-19,” ucapnya.

Atas dasar hasil itu, kata Budi, sehingga salah satu calon bapaslon tidak memenuhi syarat.

Ia menerangkan, tahapan pemeriksaan kesehatan baru akan dilakukan setelah yang bersangkutan dinyatakan sembuh atau negatif Covid-19.

“Nanti akan diumumkan sesuai dengan tahapan. Yang jelas, untuk bapaslon yang dinyatakan kesehatannya positif Covid-19 akan ditunda,” pungkasnya.

Saat dikonfirmasi terkait dengan waktu pelaksanaan pemeriksaan kesehatan lanjutan, ia menerangkan tidak ada batasan waktu terkait hal tersebut.

“Selama ini yang kita ketahui, kasus positif Covid-19 pasti sembuh. Jadi kita akan menunggu beliau (Pak Muharram) hingga benar-benar dinyatakan pulih,” jelasnya.

Sebelumnya, Budi mengatakan, bahwa sesuai dengan PKPU no 10 tahun 2020, bapaslon yang terkonfirmasi positif Covid-19 tidak dinyatakan gugur.

“Hanya saja, waktu kampanyenya yang akan berkurang,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran dan penularan Covid-19 di Bumi Batiwakkal, ia menekankan agar semua pihak bisa bekerjasama dalam mentaati peraturan protokol kesehatan (protkes) selama tahapan berlangsung.

Ia berharap agar petahana segera sembuh. Hal ini dikarenakan masih ada tahapan lanjutan yang harus diselesaikan. (*/sgp).

Read Previous

Pilkada Berau: Bupati dan Wakil Bupati Wajib Cuti

Read Next

Gubernur Kaltara Beberkan 2 Nilai Penting Berkhitan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular