• Kamis, 20 Juni 2024

Wujudkan Satu Data Indonesia Secara Digital

NUNUKAN – Menuju satu data Indonesia, diharapkan dapat terwujud mulai dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Terutama penggunaan digitalisasi. Demikian menjadi harapan dari Pjs Gubernur Kaltara, Teguh Setyabudi saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kependudukan dan Pencatatan Sipil ke-1 di Hotel Laura, Nunukan, Rabu (30/9).

Keyakinan Teguh atas terwujud digitalisasi satu data di Kaltara karena pembagian wilayah yang sedikit. “Tidak seperti provinsi lain, Kaltara cuma 5 kabupaten/kota, optimistis bisa terwujud transformasi digitalisasi,” katanya.

Selain digitalisasi, Teguh berharap pencatatan administrasi kependudukan juga menjadi perhatian, karena terkait hal warga untuk bisa memilih saat pemilihan umum daerah (pilkada).

Berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri tercatat jumlah penduduk Kaltara sebanyak 663.696 jiwa. Sedangkan data pelayanan Disdukcapil Kaltara per bulan Agustus tercatat sebanyak 715.029 jiwa dan masih ada sekitar 31 ribu yang membutuhkan pelayanan.

“Dari 31 ribu itu, yang berusia 17 tahun keatas agar dapat terlayani. Ini menyangkut hak untuk bisa memilih dan juga kesuksesan pilkada di Kaltara,” jelasnya.

Dalam rakor kali ini, Teguh menyerahkan secara simbolis kartu keluarga, KTP elektronik, kartu identitas anak, dan akta kelahiran kepada perwakilan masing-masing kabupaten/kota. Selain itu, turut juga diserahkan alat perekam mobile untuk membantu pelayanan petugas di lapangan.(humas)

Read Previous

Di Nunukan, Pjs Gubernur Serahkan Bantuan saat Panen Padi Perdana

Read Next

Pilkada Momen untuk Putus Mata Rantai Penularan Covid-19

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular