• Selasa, 28 Mei 2024

Bawaslu Berau : Dugaan Money Politik di Pilkada Berau Masih Dalam Proses Pemeriksaan

Tanjung Redeb- Lensaku.id. Peristiwa yang menciderai azas Demokrasi kembali terjadi di Bumi Batiwakkal. Kini, kasus dugaan money politic kembali mencuat di tengah masyarakat jelang pelaksanaan Pilkada Berau 2020.

Peristiwa ini terjadi pada Rabu (2/12/2020) siang ditandai dengan dipergokinya beberapa oknum oleh masyarakat di beberapa tempat di Kecamatan Tanjung Redeb.

Komisioner Bawaslu Berau, Tamjidillah Noor mengatakan, pihaknya masih terus melakukan pengembangan dan pengumpulan data kepada oknum yang membagi-bagikan uang tersebut.

“Saat ini kami minta keterangan kepada pihak yang diduga melakukan money politic. Karena laporan yang diterima Bawaslu, mereka membagikan amplop berisikan uang, jadi sekarang masih dimintai klarifikasi kebenarannya,” Terangnya.

Di awal, pihaknya mengaku mendapat laporan kasus politik uang langsung dari masyarakat dan petugas Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Tanjung Redeb.

“Dari laporan di lapangan, kita langsung mengintruksikan petugas menelusuri hal itu sebagai informasi awal,” tuturnya.

Bawaslu belum berani banyak berstatemen atas laporan ini.

Saat ditanya sanksi atas perbuatan yang dimaksud apabila memenui unsur yang di ataur pada Undang – Undang nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pilkada, pihak Bawaslu belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut, pasalnya hingga saat ini masih dilaksanakan proses pengembangan dari sejumlah keterangan saksi dan pelaku.

“Dalam hal ini semua masih azas praduga dan tidak bersalah, proses pendalaman saksi dan lainnya masih terus kita lakukan” tutupnya.

Read Previous

Tim Pemenangan RAGAM Berharap Kasus Money Politik dan Penganiyayaan di Proses Secara Adil dan Transparan.

Read Next

Suaraku Batiwakkal : Ngobrol Santai Bersama Ibu Hj. Sri Juniarsih Cabub Kabupaten Berau 2020

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular