Cara Membuat Google Classroom untuk Sekolah Online

Cara Membuat Google Classroom
Vinkmag ad

Lensaku.ID – Akibat masa pandemi yang terjadi sejak awal tahun 2020 lalu, pemerintah memutuskan untuk mengalihkan kegiatan belajar mengejar menjadi sekolah online. Melakukan sekolah online lancar tanpa hambatan, begini cara membuat Google Classroom.

Untuk keperluaan sekolah online, beberapa guru dan pihak sekolah harus memanfaatkan aplikasi-aplikasi video call yang dapat memudahkan aktivitas belajar mengajar.

Selain menggunakan Zoom, guru dan pihak sekolah bisa memanfaatkan layanan Google yaitu Google Classroom. Dengan layanan ini, guru dapat membuat berbagai kelas menyesuaikan tiap mata pelajaran yang ada.

Sangat praktis untuk digunakan, berikut beberapa cara membuat Google Classroom dengan mudah untuk kelas sekolah online yang dirilis Suara.com. Pastikan kamu memiliki akun Google pribadi atau khusus untuk proses belajar mengajar.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke laman https://classroom.google.com/. Usai masuk ke laman pertama, kamu bisa memilih ikon plus (+) untuk membuat kelas atau bergabung dengan kelas yang sudah ada.

Cara membuat kelas di Google Classroom. (Google)
Cara membuat Classroom. (Google)

Untuk membuat kelas, kamu bisa memilih pilihan ‘Create Class’. Selanjutnya, kamu perlu mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan seperti nama kelas, ruangan, dan lain-lain.

Jika semua informasi yang diminta sudah kamu isi dan dianggap sesuai, langsung pilih pilihan ‘Create’ yang kemudian langsung mengarahkan kamu ke kelas yang sudah kamu buat ini.

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat kode kelas yang dapat digunakan untuk mengundang siswa ke kelas yang telah kamu buat. Jangan lupa untuk membagikan kode tersebut ke siswa ya.

Cara membuat kelas di Google Classroom. (Google)
Cara membuat Google Classroom. (Google)

Cara bergabung ke kelas

Agar proses belajar mengajar dapat dimulai, siswa perlu untuk masuk ke Google Classroom melalui link yang telah dibagikan. Yang perlu siswa lakukan untuk bergabung ke kelas adalah dengan memilih pilihan ‘Join Class’ kemudian memilih ikon plus (+).

Setelah memilih ‘Join Class’ , siswa nantinya perlu mengisi kode yang menjadi kunci untuk masuk ke kelas yang sudah dibuat. Jika kodenya benar, maka siswa akan langsung masuk ke kelas untuk menjalankan sekolah online.

Begitu tadi cara membuat Google Classroom untuk mengikuti sekolah online. Cukup praktis dan super canggih, jangan lupa untuk mengikuti tiap cara di atas ya.

Read Previous

Cara Daftar PayPal Berikut Layanan yang Tersedia

Read Next

Motor Listrik Ini Dirancang untuk Cegah Perburuan Liar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *