[Cek Fakta] Perusahaan Vaksin Merck Menyatakan Lebih Baik Lawan COVID-19 Daripada Vaksinasi

perusahaan vaksin
Vinkmag ad

Lensaku.ID – Beredar unggahan di media sosial Facebook yang mengatakan bahwa perusahaan vaksin raksasa Amerika, Merck mengatakan lebih baik untuk melawan COVID-19 dan pulih secara alami daripada mendapatkan vaksinasi.

Dilansir dari Reuters Fact Check, klaim tersebut merupakan representasi yang keliru dari pernyataan Merck. Merck tidak pernah membuat pernyataan lebih baik melawan COVID-19 daripada mendapatkan vaksinasi.

Adapun pernyataan yang dikeluarkan oleh perusahaan vaksin Merck adalah, bahwa pihaknya akan berhenti mengembangkan dua formula vaksin COVID-19 yang sedang dikerjakannya. Penyebabnya, respons kekebalan tubuh yang tidak sesuai dengan yang diharapkan dari fase awal uji klinis kedua formula itu.  Namun Merck menegaskan tetap akan berkomitmen dalam penelitian COVID-19 dan akan memberi fokus kepada dua potensi obat penyakit infeksi itu yang juga sedang dikembangkannya.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link counter:

https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-immune/fact-check-vaccine-company-did-not-say-it-is-better-to-fight-covid-19-than-get-the-vaccine-idUSKBN29Z0SB

Read Previous

Menangkal Hoaks, Pemerintah Lakukan Dua Pendekatan

Read Next

65 Perusahaan di Kaltara Belum Laporkan Limbah B3

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *