• Sabtu, 27 Juli 2024

Sekda Bulungan Buka TMMD ke-100 dengan Protokol Kesehatan Ketat

Lensaku.ID – Mewakili Bupati Bulungan Syarwani, Sekda Bulungan Syafril membuka secara resmi kegiatan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD Ke-110 di Bulungan yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan dengan protokol kesehatan yang ketat, Selasa (2/3/2021).

Untuk itu disampaikannya atas nama Pemkab Bulungan ia mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada TNI terkhusus kepada Kodim 0903/TSR atas terselenggaraya kegiatan tersebut, sebagai sarana dalam upaya bersama memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa demi terjaganya keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa TMMD merupakan wujud nyata keperdulian dan dukungan TNI kepada pemerintah dalam hal percepatan pembangunan di daerah terpencil dan terisolir di seluruh Indonesia, melalui kegiatan yang bersifat fisik dan non fisik,” ungkapnya.

Operasi bakti TNI tersebut, lanjut Sekda Bulungan, dilaksanakan dalam berbagai wujud, salah satunya adalah program TMMD. Dengan kriteria sasaran berupa daerah miskin, tertinggal, terisolir  atau terpencil, daerah kumuh perkotaan, daerah perbatasan dan  pulau terluar, daerah terdampak  bencana  alam.

“Kegiatan TMMD merupakan  bhakti TNI  yang dilaksanakan secara terpadu  dan  lintas sektoral bersama kementerian/LPNK, pemerintah daerah serta komponen masyarakat sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah serta merupakan perwujudan komitmen moral TNI dan pemerintah kepada rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat,” bebernya.

Pada saat ini, lanjutnya, kegiatan TMMD telah memasuki ke-110 di wilayah Kabupaten Bulungan dengan tema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri. Kegiatan TMMD secara rutin dilaksanakan setiap tahun dan telah dirasakan banyak manfaat  oleh masyarakat.

“Hal ini sejalan dengan upaya kita didalam percepatan dan pemerataan pembangunan, di samping itu, program TMMD ini juga merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program-program pemerintah, baik dengan pemerintah pusat maupun dengan pemerintah daerah, terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai  infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskannya, melalui kegiatan tersebut  tentunya menjadi basis penguatan kesadaran bersama dalam menghadapi pergeseran arah kebijakan pembangunan pada era reformasi dan otonomi daerah.

“Dengan mengedepankan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, sehingga  diperlukan semangat kebersamaan yang kuat untuk maju, didukung dengan kesungguhan, ketekunan, keuletan dan kesabaran dari seluruh pelaku pembangunan termasuk tni dengan program TMMD-nya,” ucapnya.

Dengan adanya program TMMD ini, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Bulungan mengharapkan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung. Dengan kemanunggalan TNI, pemerintah Kabupaten Bulungan dan masyarakat menjadi salah satu jalan demi terwujudnya kesejahteraan dan ketahanan seluruh masyarakat di wilayah kabupaten yang kita cintai ini.

 “Kepada masyarakat yang daerahnya menjadi lokasi kegiatan operasional TMMD ini, saya berharap agar dapat berpartisipasi dan mendukung sepenuhnya selama 30 hari, agar tujuan dan sasaran  yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal sesuai dengan harapan masyarakat. Saya juga berharap,  agar apa yang dihasilkan dari program tmmd ini, dapat berguna dan dimanfaatkan untuk kepentingan kita bersama,” tutupnya. (MC Bulungan/sny)

Read Previous

Lapangan Terbang Binuang Nunukan Akan Dikembangkan

Read Next

Bupati Berau : Camat dan Lurah Lebih Aktif Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular