Disperindagkop Kabupaten Berau Siapakan Pelatihan dan Sertifikasi Halal UMKM

Vinkmag ad

BERAU, Lensaku – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) akan memfasilitasi produk UMKM di Kabupaten Berau dengan pelatihan penyelia halal, rekomendasi PIRT, dan sertifikasi yang akan dimulai pada tahun 2022 mendatang. Hal tersebut sampaikan langsung oleh Kepala Disperindagkop Drs. Salim.

Menurut Drs. Salim program pelatihan dan sertifikasi halal untuk setiap produk UMKM sangatlah penting. Selain untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional maupun regional, pelatihan ini merupakan upaya penguatan industri halal khususnya UMKM di Kabupaten Berau.

“Jumlah UMKM Berau mencapai 14.300 yang mayoritas digeluti oleh bidang olahan pangan, untuk itu kita akan lakukan pelatihannya secara bertahap dan menyesuaikan kemampuan anggaran”, Ungkapnya saat dihubungi lensaku melalui telpon pintarnya.

Dalam pelaksanaanya nanti, Disperindagkop tetap merangkul pihak – pihak terkait seperti Dinas Kesehatan, LPPOM maupun Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan lembaga laiinya akan dilibatkan.

“Terkait pelatihan yang di adakan PT Berau Coal kemarin hanaya untuk UMKM yang berada dilingkaran tambang saja, mudah – mudahan tahun depan kita bisa melaksanakan secara menyeluruh”, Harapnya.

Fasilitas terhadap produk UMKM ini nantinya akan bertahap dimana UMKM akan direkomendasikan oleh Disperindagkop untuk mendapatkan PIRT dari Dinas Kesehatan. Setelah itu, setiap penggiat UMKM ini akan didaftarkan untuk mengikuti pelatihan dan sertifikasi halal.

“Iya kita akan memfasilitasi UMKM ini, karena UMKM ini kan dibawah binaan kita. Kita juga akan memberikan arahan-arahan setiap tahapan yang harus dilalui untuk dapat mengikuti pelatihan. Tentunya dari UMKM juga harus berkoordinasi dengan kita juga” tambah Drs. Salim. (chr/818).

 

Read Previous

Masyarakat Pertanyakan Legalitas Kepemilikan Lahan dan Nama Bundaran HU

Read Next

DPRD Dorong Peningkatan PAD Kabupaten Tana Tidung Dari Sektor Tambang dan Perikanan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *