• Kamis, 20 Juni 2024

Penyegaran, 120 ASN Di Lingkungan Pemkab Berau Dimutasi

BERAU, Lensaku – Bupati Berau, Hj. Sri Juniarsih, MAS. melantik Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam jabatan administrator, pengawas, dan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau di Ruang Sangalaki Kantor Bupati Berau, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kamis (04/11/2021)

Pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Berau, H. Gamalis, Sekretaris Daerah, M. Gazali, Asisten I-III Setda Berau dan OPD terkait. Dalam pelantikan tersebut, sebanyak 120 ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau dimutasi.

Dalam sambutan Bupati Berau Hj. Sri Juniarsih, MAS. usai melantik ASN jabatan baru, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau menargetkan kemampuan para ASN yang baru saja dilantik ini dapat memiliki integritas, kapasitas, loyalitas dan komitmen.

“Tentunya dengan jabatan baru ASN dilingkungan Pemkab Berau, Saudara kami anggap mampu mengemban amanah dalam rangka menjalankan program-program yang telah disepakati dan ditetapkan bersama. Oleh karena itu, kami berharap Saudara dapat bertanggung jawab, jujur, dan mengembangkan kompetensinya dalam melaksanakan program-program tersebut,” tuturnya.

Berdasarkan data dari BKPP Kabupaten Berau, seluruh ASN yang dimutasi ini merupakan pejabat dalam lingkup: Sekretariat Daerah Kabupaten Berau, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Perangkat Kecamatan, Perangkat Kelurahan, serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Salah satunya ialah Sekretaris Camat Talisayan, Ahmad Juhri, yang diangkat menjadi Camat Talisayan. Kemudian, pada lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Berau, salah satu jabatan yang dimutasi adalah Kabag Humas dan Protokol. Jabatan tersebut kini diembankan kepada mantan Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Berau, Ir. Lita Handini.

Lebih lanjut, pada lingkungan OPD ada beberapa jabatan yang mengalami pergantian. Diantaranya, untuk jabatan Sekretaris Dinas (Sekdis), Kepala Bidang, Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian, Kepala Seksi, Kepala UPT, dan jabatan lainnya.

Pada jabatan Sekretaris Dinas (Sekdis), ada 2 dinas di Kabupaten Berau yang mengalami pergantian, diantaranya Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan yang kini dijabat oleh, Ir. Sumani, serta Sekretaris Dinas Pangan yang kini dijabat oleh Rakhmadi Pasarakan.

Sedangkan, untuk Unit Pelaksana Teknis, jabatan Direktur UPTD RSU Pratama Talisayan kini diangkat menjadi Direktur RSUD Talisayan yang dijabat oleh drg. Nursyamsi. Kemudian, Kepala UPT Dermaga Pulau Derawan juga dimutasi, jabatan baru dipegang oleh Suprapto.

Sementara, untuk perangkat Kecamatan dan Kelurahan, Sekretaris Camat Talisayan setelah dilantik oleh Bupati Berau, kini dijabat oleh Mutmainnah. Kemudian pada mutasi kali ini, hanya 2 kelurahan dari Kecamatan Teluk Bayur yang mengalami pergantian lurah, diantaranya Lurah Teluk Bayur yang kini dijabat oleh Saroni, dan Lurah Rinding yang kini dijabat oleh Misrin.

Kepala BKPP Berau, M. Said, menilai, mutasi ASN kali ini dilakukan untuk memperbaiki kinerja dengan menyesuaikan kebutuhan perangkat daerah. Dirinya mengatakan, para ASN yang dimutasi ini bukan berarti memiliki kinerja buruk, namun untuk memberikan penataan ruang pada perangkat-perangkat daerah lain.

“Mutasi dan juga pengangkatan jabatan baru adalah hal yang biasa dalam proses penataan daerah. Artinya, sepanjang mereka menjabat, itu dilihat apakah mereka lebih dibutuhkan pada perangkat daerah yang lain. Walaupun mereka baru dilantik kemarin. Dalam melakukan pemantauan itu, ada yang menilai tentunya dari tim atau pejabat seperti Bupati, Wakil Bupati, dan sebagainya. Bisa jadi, mutasi ini juga dikarenakan kinerja yang buruk. Oleh karena itu, diharapkan untuk jabatan pada perangkat daerah lainnya dapat diperbaiki atau dapat lebih maksimal lagi,” pungkasnya. (Chr).

Read Previous

Bupati KTT Ibrahim Ali, Terbuka Untuk Investasi Disegala Sektor

Read Next

Wabub Sampikan Tanggapan Atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Raperda APBD 2022

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular