Dua Tahun Ditiadakan, Besukan Tatap Muka Untuk WBP Kembali Dibuka

Vinkmag ad

BERAU, LENSAKU – Kabar gembira bagi keluarga WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan). Pasalnya setelah 2 tahun besukan tatap muka di tiadakan karena Pandemi Wabah Covid-19, kini Rutan Tanjung Redeb membuka kembali besukan tatap muka bagi tahanan dan narapidana.

Kepala Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb, Puang Dirham menjelaskan bahwa benar adanya terkait dibukanya kembali besukan tatap muka. Akan tetapi besukan tatap muka dibuka terbatas. Terbatas yang di maksudkan dengan peraturan terbaru sesuai dengan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (DitjenPAS) Nomor PAS-12.H.H.01.02 Tahun 2022 tentang penyesuaian mekanisme terhadap layanan kunjungan secara tatap muka di Rutan dan Lapas seluruh Indonesia.

“Benar. Besukan tatap muka dibuka kembali. Akan tetapi ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh pembesuk,” ujarnya, Sabtu (2/7).

Adapun peraturan yang diberlakukan yaitu pihak keluarga dan pihak WBP sudah harus laksanakan vaksinasi Covid-19 hingga tahap ke 3 atau vaksin booster.

Untuk mengetahui status vaksinasi masyarakat yang telah laksanakan vaksin Covid-19 hingga tahap ke-3, nantinya akan diterapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam layanan Besukan tatap muka tersebut. Bagi keluarga WBP yang belum laksanakan vaksin hingga tahap ke-3 bisa dengan cara lain yaitu melalui surat keterangan kesehatan hasil pemeriksaan SWAB.

Adapun peraturan lain yang diberlakukan sesuai dengan Surat Edaran DitjenPAS tersebut bahwa besukan hanya diberlakukan bagi keluarga inti.

Besukan tatap muka akan dibuka mulai hari Senin, 04 Juli 2022 dengan jadwal besukan mulai hari Senin sampai dengan hari Sabtu dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Rutan juga menerangkan, meskipun besukan tatap muka sudah diberlakukan tapi besukan sistem online (video call) tetap di berlakukan.

“Bagi masyarakat atau WBP yang belum bisa laksanakan besukan tatap muka, kami tetap berlakukan besukan online (video call),” pungkasnya. (*/CTN)

Baca juga:  Peringatan Hari Ikan Nasional, Bupati : Fokus pada Permasalahan Gizi

Read Previous

Cegah Stunting, Camat Tanjung Palas Utara Ajak Masyarakat Terapkan PHBS

Read Next

Hore! Gaji Ke-13 Untuk ASN Berau Cair Tanpa Potongan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *