Wakil Berau Masuk 6 Besar, Ini Pesan Bupati Untuk Duta Budaya Kaltim 2022!

Vinkmag ad

BERAU, LENSAKU – Pemilihan Duta Budaya Kalimantan Timur tahun 2022 sukses digelar. Wakil Duta Budaya asal Kabupaten Berau pun berhasil masuk 6 besar dari 24 peserta pada ajang pemilihan kanda dan dinda tingkat provinsi Kalimantan Timur itu.

Puncak acara yang bakal menjadi penentu bagi duta budaya terpilih untuk berjuang ke tingkat nasional itu sukses digelar di Kabupaten Berau. Sebagai tuan rumah, malam pemilihan itu dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, mulai dari Bupati Berau, Sri Juniarsih; Wakil Bupati Berau, Gamalis; jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim; dan jajaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau. Pada acara itu juga menghadirkan akademisi dari Universitas Mulawarman serta sejumlah budayawan Bumi Etam.

Pada malam grand final yang berlangsung di Bumi Segah Hotel, Tanjung Redeb, pada Kamis (4/8) itu, Bumi Batiwakkal (julukan Kabupaten Berau) sukses membawa 2 pasang perwakilan yang berjuang di pentas se Kalimantan Timur itu. Perwakilan Berau I yakni Kanda Asrinsyah dan Dinda Amanda Putri serta perwakilan Berau II yakni Kanda Rizki Wahyuda dan Dinda Ana Marsella.

Proses pemilihan kanda dan dinda itu berlangsung cukup tegang dimana para kandidat Duta Budaya memaparkan seluruh pertanyaan dari dewan juri. Para juri itu pun berasal dari praktisi seni, budayawan, sejarawan, hingga akademisi. Untungnya, Kabupaten Berau berhasil lolos 6 besar, yakni perwakilan Berau II. Bahkan, perwakilan Berau atas nama Ana Marsella terpilih sebagai Duta Berbakat Kaltim 2022.

Perwakilan dari Kabupaten Paser atas nama Rahman terpilih sebagai Kanda Duta Budaya Kaltim 2022. Sementara, perwakilan dari Kabupaten Kutai Timur atas nama Dera Florentina Agatha terpilih sebagai Dinda Duta Budaya Kaltim.

Bupati Berau, Sri Juniarsih, yang juga ikut membuka acara itu, menyampaikan pesan kepada pemenang terpilih Duta Budaya Kaltim 2022. Dirinya meminta, prosesi pemilihan kandidat Duta Budaya Kaltim 2022 itu harus memberikan aksi nyata yang positif dalam meperkenalkan budaya di Provinsi Kalimantan Timur. Termasuk Kabupaten Berau yang mempunyai latar belakang budaya yang beragam serta destinasi wisata yang banyak.

Baca juga:  Konten Kreator Berau Diberikan Panggung, Pemkab Janji Adakan Lomba Di Akhir Tahun

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau mengucapkan selamat kepada kanda dinda yang terpilih sebagai Duta Budaya. Tentu, kami sangat berbangga sebab Berau dipercaya sebagai tuang rumah yang tentu saja sebagai ajang bergengsi yang aktif memperkenalkan budaya ke seluruh penjuru. Kepercayaan ini tentunya sangat berharga bagi kami dan karena itu kami berupaya untuk memberikan yang terbaik.

Ini merupakan kesempatan untuk mewujudkan konsistensi pemerintah baik kabupaten maupun provinsi dalam memperkenalkan budaya asli Kaltim dan sekaligus membantu program pemerintah dalam bidang budaya.

“Sehingga kami harapkan acara ini bukan hanya prosesi pemilhan semata, tetapi sebagai kesempatan untuk menampilkan kecintaan para anak muda terhadap budaya asli daerah kita. Sehingganya, ajang inj bukan hanya pemilihan kecantikan, tetapi juga penampilan wawasan, sikap, dan keberanian untuk memperkenalkan budaya daerah kita,” ucapnya.

Sri menjelaskan, adanya pemilihan duta budaya ini selaras dengan misi Pemkab Berau, yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat yang salah satunya adalah melalui pengembangan usaha berbasis pariwisata dan kearifan lokal. Dimana tentu saja disertai dengan dasana budaya sebagai sektor andalan daerah.

“Upaya mewujudkan budaya tentu membutuhkan sinergi karena bukan hanya kerja pemerintah semata. Namun, juga melalui setiap elemen hingga masyarakat,” jelasnya.

Dirinya mengajak Duta Budaya untuk berkontribusi dalam melakukan langkah nyata agar kebudayaan di Kaltim semakin dikenal dan diapresiasi hingga ke tingkat nasional bahkan mancanegara. Bupati juga berharap, Duta Budaya dapat ikut serta dalam menyuarakan budaya daerah lain untuk berdampingan dengan budaya asli daerah. Apalagi Bumi Etam sendiri bakal menjadi Ibukota Negara baru.

“Berau sendiri yang merupakan bagian dari Kaltim akan menjadi kebanggan Berau dengan potensi pariwisata yang luar biasa dan beragam di setiap kecamatan. Penting bagi kami untuk terus mengembangkan budaya ini,” pungkasnya. (*/CTN)

Baca juga:  Tangani Pencemaran Di Sungai, DLHK Berau Usulkan Dua Unit Perahu Pengangkut Sampah

Read Previous

Cegah Anemia Pada Remaja Putri, Pemkab Berau Canangkan Gerakan Minum Tablet Tambah Darah

Read Next

Tangani Pencemaran Di Sungai, DLHK Berau Usulkan Dua Unit Perahu Pengangkut Sampah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *