• Jumat, 12 April 2024

Disbudpar Mulai Siapkan Konsep Jelang Hari Jadi Berau dan Tanjung Redeb

BERAU, LENSAKU – Peringatan hari jadi yang ke-69 Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb ke -212 tahun yang jatuh pada 15 September, tinggal menghitung hari. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, saat ini tengah mempersiapkan perayaan tersebut.

Dikatakan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Ilyas Natsir, perayaan hari jadi Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb merupakan salah satu momen untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Berau.

“Rencananya akan kita rayakan lebih meriah lagi dari tahun lalu, tapi yang perlu diperhatikan bahwa pandemik COVID-19 belum selesai,” tegasnya.

Perayaan hari jadi tersebut, harapannya bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Kabupaten Berau. Karena akan dimeriahkan dengan berbagai rangkaian kegiatan setelah dua tahun hanya dirayakan di Kantor Bupati Berau lantaran pandemik.

Disebutkannya, upacara perayaan akan dilakukan di Gor Pemuda. Tapi, pihaknya belum bisa menggelar expo atau pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seperti sebelum pandemik COVID-19.

“Untuk lomba kuliner ancur paddas tetap ada, karena sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun,” ucapnya.

Selain itu, akan ada festival lagu daerah dan tari kolosal. Serta pesta rakyat Irau Manutung Jukut atau bakar ikan di sepanjang tepian di Jalan Ahmad Yani yang koordinatornya diserahkan kepada Dinas Perikanan (Diskan) Berau. Namun, pihaknya saat ini masih menimbang terkait kegiatan apa saja yang memungkinkan untuk masuk ke dalam perayaan hari jadi Berau.

“Event menarik seperti Irau Manutung Jukut itu yang bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Berau,” tuturnya.

Dia berharap, pihak ketiga bisa membantu pendanaan untuk kesuksesan perayaan hari jadi Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb. Untuk kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif di Bumi Batiwakkal. Karena pihaknya juga ingin melibatkan masyarakat untuk membantu memeriahkan.

“Tujuan kami ingin mendatangkan sebanyak-banyaknya wisatawan ke Berau. Kami akan memperkuat kepanitian dulu dan jika keputusan telah dibuat segera diumumkan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Pihaknya akan berupaya memanfaatkan semua kesempatan untuk semaksimal mungkin memeriahkan hari jadi tersebut. “Kami akan undang masyarakat untuk berpartisipasi dalam perayaan,” tutupnya. (*/CTN)

Read Previous

Bahan Bakar Mahal dan Terbatas, Pengusaha Galian C Terpaksa Menaikkan Harga

Read Next

Porprov VII Kaltim Tinggal 2 Bulan Lagi, Ini Arahan Bupati Berau

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular