• Sabtu, 20 Juli 2024

PWI Berau Gelar Workshop Jurnalistik,

Bupati : Wartawan Harus Patuh pada KEJ dan UU Pers

BERAU, LENSAKU – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Berau menggelar workshop jurnalistik serta uji kompetensi untuk beberapa wartawan atau jurnalis di Tanjung Redeb dan Pulau Maratua pada 18-20 Oktober 2022.

Sebanyak 16 wartawan mengikuti workshop tersebut bersamaan dengan tahap ujian dari PWI Kaltim hingga Dewan Kehormatan PWI Pusat. Kegiatan tersebut turut didukung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau.

Saat prosesi penutupan, Bupati Berau, Sri Juniarsih menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia dan peserta di Pulau Maratua pada Kamis (20/10). Dalam sambutannya, ia mengucapkan selamat kepada peserta yang dinyatakan kompeten.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat terutama tentang aturan yang diatur dalam Undang-Undang Pers serta Kode Etik Jurnalistik,” tuturnya.

Menurutnya, landasan hukum itu sangatlah penting untuk wartawan. Apalagi dalam menuntaskan pekerjaannya sebagai pencari berita. Dikatakannya, materi tersebut harus dipahami sebagai dasar menjadi seorang wartawan atau jurnalis yang profesional dan bermartabat.

Mereka harus patuh pada aturan itu, sehingga dapat menyajikan berita yang faktual dan berimbang untuk mengedukasi masyarakat melalui informasi yang disampaikan,” ucapnya.

Adapun hasil workshop dan uji kompetensi itu sebanyak 14 orang dinyatakan sebagai wartawan berkompeten dari total 16 peserta. Dirinya pun berharap sinergi antara wartawan dengan Pemkab Berau agar terus terjalin dalam mewujudkan pembangunan di Bumi Batiwakkal.

“Yang penting jangan menyampaikan informasi yang tidak benar. Apalagi ada unsur adu domba di dalamnya,” pungkasnya. (*/Ctn/Adv)

Read Previous

Bupati Berau Resmikan Anjungan Listrik Mandiri Pertama Di Kaltim

Read Next

Operasi Bersih Di Pantai Maratua, Bupati Berau : Kami Butuh Peran Nyata Para Jurnalis

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular