• Selasa, 16 Juli 2024

Pemkab Berau Peringati Hari Pahlawan ke-77 Tahun

BERAU, LENSAKU- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke-77 di halaman kantor Bupati Berau pada, Kamis (10/11).

Amanat Menteri sosial RI Tri Rismaharini yang dibacakan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Redeb Nislianudin juga bertindak sebagai inspektur upacara, menyampaikan, Hari Pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara Merdeka.

“Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan Bangsa. Dari para Pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya,” tuturnya.

Dirinya mengatakan, dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para Pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya.

“Para Pejuang Kemerdekaan Indonesia kita secara gagah berani melawan tentara tentara musuh yang bersenjata lengkap,” ungkapnya.

Para Pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk Kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan Berkat dan Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa.

Lanjut Nislianudin menambahkan, Hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan Ancaman dan Tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu berbagai bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih.

“Kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh agar tetap terjaga persatuan dan menjaga kehormatan apa yang telah diperjuangkan para pahlawan terdahulu,” imbuhnya.

Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Sya’diah juga berharap, untuk selalu mengobarkan rasa kemerdekaan di era modern sekarang ini dengan cara meneladani sikap para pahlawan terdahulu.

“Jadi semangat itulah yang harus kita ikuti dalam kehidupan sekarang, dengan bekerja keras dan mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap Indonesia,” ujarnya.

Syarifatul juga berpesan, selalu senantiasa melanjutkan kobaran semangat para pahlawan terdahulu, dan menyikapi sikap para pahlawan yang sudah berjasa untuk kemerdekaan Indonesia.

“Kita jaga persatuan untuk generasi berikutnya dan jangan sampai kita terpecah belah oleh perseteruan dan perbedaan pendapat di zaman sekarang ini, mari kita teladani terus sikap para pahlawan kita,” pungkasnya. (*/Ctn/Adv)

Read Previous

Lakukan KDRT, Pria Asal Berau Ini Dilaporkan ke Kapolda Kaltim

Read Next

Komitmen Jaga Kebersihan Pantai, Pemkab Berau Gelar FGD Pengelolaan Sampah Maratua Berkelanjutan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular