• Jumat, 29 Maret 2024

Sambut Ramadhan 1444 H, Majelis Tak’lim Bersinergi Dengan Polri Untuk Menangkal Paham Radikalisme dan Intoleran

Oktavianus Bane : Mari Bersama Wujudkan Siskamtibmas, Cegah Paham Radikalisme dan Intoleran

TANJUNG SELOR, LENSAKU.ID – Majelis tak’lim Ma’rifatulah Wa ma’rifaturrasul Nurul Islam bersinegri dengan pihak Kepolisian Resor Kota Bulungan, Unsur Muspika Kecamatan Tanjung Palas Timur dan Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama menggelar silatrurahmi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444/2023 M.

Bertempat di gedung Majelis tak’lim Ma’rifatulah Wa ma’rifaturrasul Nurul, Sabtu (18/03/23)<span;>Tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk menciptakan dan menjaga kerukunan serta kedamaian dikalangan masyarakat sebagai upaya mencengah paham radikalisme dan Intoleransi.

Wakapolsek Tanjung Palas Timur IPDA Oktavianus Bane menyampaikan, bahwa sebentar lagi akan memasuki Bulan Suci Ramadhan,  semoga di wilayah Kecamatan Tanjung Palas Timur ini sitkamtibmasnya masih tetap dapat terjaga dari hal-hal kegiatan yang negatif seperti berkumpulnya para pemuda untuk mengkonsumsi miras dan melakukan balapan liar, maka dari itu kita bekerjasama dengan pihak pemerintahan dan Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat membuat kegiatan keagamaan atau kegiatan positif yang berguna bagi pumuda-pemudi masyarakat Kecamatan Tanjung Palas Timur.

Tidak lupa juga, Wakapolsek mengajak kita bersama untuk mencengah radikalisme yang dimana merupakan lahan subur untuk berkembangnya kejahatan terorisme dan salah satu indikator yang menjadi bibit radikalisme yakni intoleran.

“Sikap Intoleran merupakan bentuk pengingkaran terhadap kebinekaan dan bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila maupun norma-norma agama yang beradab”, tutur Oktavianus.

Untuk itu kita mengajak seluruh unsur Muspika KecamatanTanjung Palas Timur dan Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama berperan aktif dalam mencengah berkembangnya intoleransi dan Radikalisme serta memerangi terorisme, dimanan untuk kunci strategi dalam mencengah intoleransi dan radikalisme adalah masyarakat umum, pelajar, dan tokoh masyarakat serta tokoh agama dengan tujuan menanamkan nilai Pancasila dan nilai kedamaian.

Sementata itu, pengurus Majelis tak’lim Ma’rifatulah Wa ma’rifaturrasul Nurul Islam Kecamatan Tanjung Palas Timur, Ustat Hasanullah mengungkapkan, bahwa ada beberapa aliran yang memecah belah umat akan tetapi untuk aliran Majelis tak’lim Ma’rifatulah Wa Ma’rifaturrasul Nurul Islam tidak termasuk kedalam aliran tersebut.

Terkait dengan aktivitas atau kegiatan Majelis tak’lim Ma’rifatulah Wa ma’rifaturrasul Nurul Islam di Kalimantan Utara sudah berjalan 10 tahun dari tahun 2013 hingga sampai dengan saat ini tahun 2023 dan dimana tidak ada tindakan-tindakan yang mengarah ke radikalisme dan menyimpang di karenakan dalam aliran Majelis tak’lim Ma’rifatulah Wa Ma’rifaturrasul Nurul Islam mengajarkan kedamaian dan menghargai sesama umat sesuai dengan Visi-Misi dari Majelis tak’lim Ma’rifatulah Wa Ma’rifaturrasul Nurul Islam untuk membentengi umat muslim dalam mencegah masuknya paham radikalisme dan intoleransi di wilayah Kecamatan Tanjung Palas Timur dan kami melakukan kegiatan keagamaan berpegang teguh dengan Pancasila.

Sehingga melalui kegiatan ini semoga dapat memberikan nilai lebih dan pencerahan secara literatif, komunikatif serta implementasi dalam menjaga begaimana Kecamatan Tanjung Palas Timur tetap kondusif.

Melalui kegiatan ini kita dapat bersama-sama berdeklarasi dalam mendukung pencengahan Radikalisme dan Intoleransi diwilayah Kabupaten Bulungan Khususnya di Kecamatan Tanjung Palas Timur, “tuturnya”.

*Kami majelis ta’lim nurul islam maʼrifatullah wama’rifaturrasul Kecamatan Tanjung Palas timur siap bekerja sama serta mendukung pemerintah, TNI dan POLRI dalam rangka mencegah dan menangkal paham radikalisme, serta siap menjaga kerukunan dan kedamaian di wilayah Kab.Bulungan*

Turut hadir dalam kegiatan ini wakapolsek Kecamatan Tanjung Palas Timur IPDA Oktavianus Bane, Personil Koramil, Pemerintahan Kecamatan, Pemerintah Desa Mangkupadu dan Tanah Kuning, Ketua FKUB Kec. Tanjung Palas Timur, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta diikuti oleh 45 peserta pengurus dan anggota Majelis ta’lim nurul islam maʼrifatullah wama’rifaturrasul Kecamatan Tanjung Palas Timur. (rdk).

Read Previous

Tepat Waktu, Gubernur Kaltara Serahkan LKPD 2022 ke BPK

Read Next

Ketua Umum SMSI Firdaus: Saatnya Kode Etik Jurnalistik Diperkenalkan pada Masyarakat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular