• Minggu, 21 April 2024

Syarwani Dukung Rencana Pengembangan Ternak Kambing dan Domba Oleh BMF dan Rajendra Farm

BULUNGAN, LENSAKU.ID – Dalam upaya Mewujudkan Kabupaten Bulungan yang Berdaulat Pangan Bupati Bulungan Syarwani mendukung rencana pengembangan peternakan kambing dan domba yang akan dilaksanakan oleh Bulungan Mandiri Farm (BMF) dan  Rajendra Farm di Kabupaten bulungan.

” Pemda Bulungan sangat mensuport kegiatan ini, karena sebelumnya sudah ada pendatanganan MoU antar BMF dengan Rajendra Farm yang disaksikan langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Bulungan,” ujar Syarwani.

Dalam MoU itu, Rajendra Farm bersama Ditjen PKH berencana mengembangkan ternak domba, pengembangan itu akan terintegrasi dengan kawasan eduwisata.

” Kemarin, pemilik Rajendra Farm sudah datang ke Bulungan untuk melihat kondisi yang ada di BMF. Kita menyambut baik adanya rencana pengambangan ternak domba ini,” ungkap Syarwani.

Program pengembangan ternak ini, mencakup beberapa program prioritas, untuk aspek kelembagaan masuk pada Program Prioritas Mitra Bulungan Berdaulat (MBB), pada aspek tata kelola yaitu program prioritas MANDAU TANI, untuk aspek potensi wilayah masuk pada Satu Desa Satu Produk, serta pada aspek penguatan kapasitas SDM termuat pada program prioritas MANTERA (Mandiri dan Terampil Bulungan Berdaulat)

” saat ini pemerintah Kabupaten Bulungan sudah memberikan bantuan mesin pencacah rumput untuk pakan ternak, Mesin pencacah rumput ini kita berikan kepada 30 mitra Bulungan Mandiri Farm,” ujar Syarwani.

Dalam pengembangan itu, Syarwani meminta agar pengembangan kambing dan domba dipisah. Nantinya, bakal ada sekitar 2.000 ekor yang akan dikembangkan di atas lahan seluas 10 hektare (ha) yang sudah disiapkan Bulungan Mandiri Farm.

“ Selain domba, kawasan pengembangan itu juga  diproyeksikan untuk sapi Bali, Jadi, nanti ada spot (titik) untuk pengembangan sapi ada juga spot pengembangan domba, Sehingga konsep pengembangan itu bisa tersebar, dan dapat diperluas, diharapkan dapat memberikan dampak yang luasa bagi masyarakat disekitar kawasann itu,” tuntas Syarwani. (rdk/hms)

Read Previous

Kali Ini, Jatim Gelar Misi Dagang di Kaltara

Read Next

Maraknya fenomena kekerasan (Tempat Hiburan Malam) di Kab. Bulungan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular