• Sabtu, 20 Juli 2024

Dishub Kaltara Gelar Ramp Check Bus Damri di Tanjung Selor

KALTARA, LENSAKU.ID – Dalam rangka meningkatkan dan mewujudkan peningkatan keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), jelang persiapan lebaran 2023 (Idul Fitri 1444 H). Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melaksanakan “Ramp Check” angkutan umum (orang). Salah satunya bus Damri yang selama ini melayani rute di wilayah Kaltara.

Kegiatan ramp check turut dihadiri Direktur Lalu Lintas Polda Kaltara, Dishub Bulungan, Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Kaltara, Kasatlantas Polres Bulungan, Kepala Jasa Raharja, serta General Manager (GM) Perum Damri Cabang Tanjung Selor.

“Kami melaksanakan inspeksi keselamatan atau ramp check terhadap seluruh armada angkutan umum. Baik darat, laut dan udara lebih awal akan dilakukan secara menyeluruh. Khususnya pada bidang transportasi darat, sejauh ini angkutan umum penumpang bus Damri,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dishub Kaltara, Andi Nasuha saat membuka secara simbolis pelaksanaan ramp check di Pool Damri Pasar Induk Tanjung Selor, Kamis (6/4/2023).

Dalam kesempatan itu, pemeriksaan kendaraan dilakukan pada 7 unit armada angkutan umum bus Damri dan telah dinyatakan lulus uji dan layak jalan.

Selain uji kelayakan terhadap kendaraan, kegiatan lainnya meliputi pemeriksaan tes urine kepada pengemudi angkutan umum bus Damri. Tes urine ditujukan kepada pengemudi angkutan umum bus Damri berjumlah 8 orang. Dengan hasil tes menunjukkan negatif.

Kegiatan dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat, serta para calon penumpang bus Damri yang diselenggarakan oleh Jasa Raharja Cabang Tanjung Selor.

Andi Nasuha mengharapkan dari semua rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan keselamatan dalam pelayanan angkutan umum. Sehingga menjamin ketertiban adminsitrasi, kesiapan pengemudi dan kelaikan jalan kendaraan/sarana angkutan umum.

“Banyak sekali manfaat yang didapatkan dalam acara ini. Salah satunya adalah sinergitas antar instansi, dalam mewujudkan penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2023 yang aman, selamat, lancar dan tertib,” ujar Andi Nasuha.

Kegiatan ditutup dengan penempelan stiker pada kaca depan bus, sebagai tanda kendaraan telah dilakukan pemeriksaan dan aman dioperasikan. (dkisp/rdk)

Read Previous

Dapat Tempat Baru, PKL Eks Dermaga Sanggam Sampaikan Terima Kasih Ke Bupati Berau

Read Next

Pengurus Harian SMSI Pusat Gelar Buka Puasa Bersama

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular