• Sabtu, 20 April 2024

Deddy Sitorus Serahkan Kartu Indonesia Pintar di Don Bosco

KALTARA, LENSAKU.ID – Perhatian pemerintah terhadap pendidikan kian hari kian tinggi. Kamis (29/06) bertempat di SMP Katolik Don Bosco, Tarakan diserahkan secara simbolis Program Indonesia Pintar (PIP) kepada 200 siswa tidak mampu. Penyerahan ini dilakukan Anggota DPR RI, Dapil Kalimantan Utara, Deddy Yevri Sitorus.

‘’Ini bukti pemerintah serius membantu masyarakat. Khususnya disektor pendidikan. Tahun depan jumlah penerima akan terus ditingkatkan,’’ ujar Deddy.

Pada acara penyerahan tersebut, siswa diberikan buku tabungan dan kartu ATM yang ditunjuk pemerintah. Untuk siswa SMA yang memperoleh KIP dapat mencairkannya di Bank BNI terdekat.

Terdapat dua jenis kategori penerima PIP. SK Penerima, yakni siswa yang sudah ditetapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Siswa yang masuk kategori ini rekeningnya berstatus aktif dan bisa langsung dicairkan.

Setatus kedua adalah SK Nominasi. Nah, untuk kategori ini siswa harus datang ke Bank yang ditunjuk pemerintah. Untuk SD-SMP Bank BRI dan SMA Bank BNI. Bagaimana cara melakukan aktivasi? Bank memiliki sejumlah syarat. Seperti siswa yang belum memiliki KTP, dapat menggunakan Kartu Pelajar. Ditambah lagi Kartu Keluarga dan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah tempat siswa belajar. Setelah seluruh persyaratan administrasi sudah terpenuhi, dana PIP bisa langsung dicairkan.

Terkait penggunaan dana PIP ini, Deddy Sitorus menginatkan agar siswa mempergunakannya untuk kepentingan sekolah.

‘’Jangan sampai setelah dana PIP cair dibelanjakan untuk kebutuhan konsumtif. Gunakanlah untuk menunjang pelajaran di sekolah,’’ jelas politisi PDI Perjuangan ini.

Sementara itu, politisi PDI Perjuangan Kaltara Arnoldus Gomez berjanji akan memperjuangkan peningkatan siswa penerima PIP. Hal ini seperti yang diarahkan Deddy Sitorus pada saat memberikan sambutan.

‘’Tadi Pak Deddy meminta saya untuk segera melakukan pendataan siswa baru penerima PIP. Kami akan terus upayakan penambahan kuota, khususnya untuk Kota Tarakan. Saat ini kami baru menyalurkan 373 PIP,’’ tegas Gomez. (Asw/Pai)

Read Previous

Di Hari Pertama Idul Adha, Jadwal Penyebrangan Kendaraan Berubah

Read Next

Idul Adha 1444 H, Deddy Sitorus Bagikan 3 Ekor Sapi di Nunukan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular