• Sabtu, 20 April 2024

Di Depan Pemuda Katolik, Bupati Malinau : Tidak Siap, Anda Tergilas

MALINAU, LENSAKU.ID – Bupati Malinau, Wempi W Mawa berpendapat, generasi muda khususnya pemuda Katolik saat ini harus siap menghadapi persaingan pada era transformasi digitalisasi yang begitu dahsyat.

“Dan tidak boleh tidak siap. Dan jika anda tidak siap, maka anda tergilas dan tertinggal. Jadi ini dari kemauan sendiri,” ujarnya.

Hal ini disampaikan saat membuka Seminar Nasional “Pemuda Penggerak Transformasi Digital” dan Rapat Kerja Daerah Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kalimantan Utara, Sabtu (22/7/2023) di Balai Pertemuan Umum Desa Sembuak Warod, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau.

Menurutnya, seminar digitalisasi untuk generasi muda merupakan salah satu aspek yang diperlukan untuk mempersiapkan mereka menghadapi era saat ini.

“Seminar digitalisasi ini sangat tepat, untuk mempersiapkan generasi muda kita. Sehingga kita tidak terlambat mempersiapkan generasi muda khususnya pemuda Katolik,” katanya pada seminar yang bekerjasama dengan Gerakan Nasional Petra Digital.

Pada kesempatan itu, Wempi menceritakan perjalanan kepemimpinannya yang melalui proses dari sejak muda.

“Makanya kalau bicara anak muda, naluri mudanya bangkit kembali. Karena saya dibesarkan oleh proses organisasi. Saya sangat menghormati organisasi, ini karena saya tahu, saya ditempa dan dibentuk dari sana,” ungkapnya.

Pengalaman yang diperoleh dari berorganisasi sejak muda, membuatnya tidak luput membuka peluang yang luas kepada anak- anak muda mengembangkan diri di Kabupaten Malinau.

“Engkau bisa menjadi lebih hebat dari aku hari ini, jika engkau mempersiapkan dirimu dengan baik, dengan cepat, sekarang,” katanya.

Dia berharap, Pengurus Pemuda Katolik khususnya di Kabupaten Malinau tidak terlalu banyak membuat program kerja, karena yang terpenting bisa terukur dan tercapai.

Karena dukungannya pada pengembangan anak- anak muda di Malinau, Bupati juga menyatakan kesiapannya menggelar agenda besar Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Malinau di Kabupaten Malinau.

“Jika ada agenda berikut, kita siap! Kalau perlu agenda nasional, saya siap untuk membantu. Ini untuk mempromosikan Malinau. Di Malinau ini, kalau tempat sulit, Malinau siap,” ujarnya.

Karena kepedulian Wempi pada generasi muda di daerah, Pengurus Pusat Pemuda Katolik memberikan Piagam Penghargaan yang menjadi pengakuan atas peran serta dan kepedulian Bupati Malinau terhadap generasi muda di Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan Utara.

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Melkianus Da Pires mengatakan, penghargaan diberikan kepada Wempi yang menjadi teladan bagi anak- anak muda di daerah.

“Beliau adalah teladan yang menginspirasi kami, dalam membimbing dan membawa generasi muda Indonesia menuju masa depan yang cerah,” pungkasnya.

Ketua Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Malinau, Erdi mengatakan, selama ini Bupati Malinau telah menunjukkan kontribusinya dengan memperhatikan generasi muda melalui berbagai program inovasi dan pelatihan keterampilan.

“Program ini memberikan pemuda akses yang lebih baik untuk meningkatkan potensi diri mereka,” katanya.
(Asw/rdk)

Read Previous

Pemkab Malinau dan Smart Uji Coba Terbang ke Long Pala

Read Next

3.175 Siswa Kurang Mampu Kaltara Nominasi Penerima Beasiswa PIP 2023

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular