• Minggu, 21 April 2024

Bupati Bulungan Lantik Dua Kades PAW

Tugas Berat di Tengah Tantangan Waktu

TANJUNG SELOR, LENSAKU. ID – Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd. M.Si melantik dua kepala desa (kades) pengganti antar waktu (PAW) Desa Panca Agung dan Desa Pimping Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan, Kamis (16/11/2023).

Pelantikan itu sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati Bulungan Nomor : 188.45/649 Tahun 2023 dan juga SK Bupati Bulungan Nomor : 188.45/650 Tahun 2023.

Dalam arahannya, Syarwani mengatakan, terhitung setelah pelantikan, amanah penugasannya diberikan kepada Kades. d
Diharapkan mampu menjalankan roda pemerintahan serta program pembangunan desa dengan baik.

“Di pertengahan November 2023 atau menjelang akhir tahun. Kades yang baru dilantik dihadapkan pada tugas berat terkait realisasi capaian program dan APBD desa,” ungkap Syarwani.

DILANTIK : Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd. M.Si melantik dua kades PAW.

Kades harus aktif mengatasi hambatan, sekaligus menyusun pertanggungjawaban APBD Desa dan merancang rencana APBD untuk tahun anggaran 2024. Sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 memberikan kewenangan desa untuk mengatur dan mengontrol APBD Desa.

“Saya yakin kades yang baru dilantik mampu menjalankan amanah dan pertanggungjawaban ini dalam mengelola keuangan desa demi kesejahteraan masyarakat,” bebernya.

Selain itu, Bupati mengajak kades untuk mendukung dan berpartisipasi dalam program Transfer Anggaran Kabupaten Berbasis Ekologi (TAKE) Bulungan hijau yang menjadi visi dan misi Bulungan serta penanganan stunting sebagai bagian dari 15 program prioritas.

“Pelaksanaan program TAKE Bulungan hijau tidak mengurangi alokasi ADD dan DD, melainkan memberikan tambahan transfer anggaran untuk desa. Peningkatan alokasi dari Rp 4 miliar tahun lalu menjadi Rp 5 miliar pada tahun ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pembangunan desa,” ungkapnya.

Menurutnya, kekompakan semua unsur masyarakat dalam menghadapi tantangan pembangunan desa sangat penting. Tanpa kekompakan, sulit bagi desa untuk melaksanakan program pembangunan dengan baik.

“Kebersamaan dan kerja sama menjadi faktor vital dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (rdk2)

Read Previous

Dua Tersangka Dugaan Korupsi Perusda Berdikari Segera Disidangkan

Read Next

Penyeberangan Ferry Bulungan-Tarakan Kembali Beroperasi 2024

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular