• Selasa, 16 Juli 2024

Dimeriahkan Tipe-X, KPU Kaltara Luncurkan Maskot dan Jingle Pilkada 2024

Tanjung Selor, Lensaku.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara resmi meluncurkan maskot dan jingle Pilkada 2024 di Lapangan Agatis, pada Jumat (27/6/2024) malam.

Ribuan masyarakat menyaksikan peluncuran yang ditandai dengan menekan tombol sirine tersebut. Peluncuran bertambah meriah karena dihibur band Tipe-X.

Komisioner KPU Kaltara, Chairullizza menjelaskan, peluncuran maskot dan jingle ini dilakukan untuk memperkenalkan kepada masyarakat.
“Ini sebagai media sosialisasi. Mengingatkan masyarakat bahwa KPU Kaltara memiliki maskot dan jingle pada Pilkada,” kata Chairullizza, Jumat (28/6/2024).

Dijelaskan, maskot bernama “Si Kantan” ini merupakan hewan endemik di Kaltara. Diharapkan, dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat di Indonesia.
“Kami berharap dengan adanya peluncuran maskot dan jingle ini partisipasi masyarakat dapat meningkat. Jangan golput, mari gunakan hak pilih,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalrara, Zainal Arifin Paliwang berharap antusiasme masyarakat Kaltara dapat terus terjaga. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menyukseskan tahapan Pilkada.
“Saya mengajak seluruh masyarakat Kaltara yang memiliki hak pilih untuk datang ke TPS dan menggunakan hak suaranya pada 27 November,” harapnya.

KPU RI, lanjutnya, telah meluncurkan jadwal dan tahapan Pilkada. Saat ini, mereka tengah melakukan pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih.
“Sekarang ini KPU Kaltara juga sudah membuat jadwal yang berkaitan dengan pelaksanaan dan suksesnya Pilkada,” ungkapnya.

Salah satunya, pengenalan maskot dan jingle untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat serta menekan pelanggaran. Seperti, praktek kampanye hitam (black campaign) dan politik uang (money politics).
“Pengenalan maskot dan jingle yang telah disayembarakan oleh KPU Kaltara sejak Mei ini merupakan bagian dari sosialisasi penyelenggaran Pilkada dan sudah sesuai regulasi yang berlaku,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Zainal mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kondusifitas dan kemanan selama pelaksanaan Pilkada. “Mari kita ciptakan Pilkada yang aman, damai dan bermartabat,” harapnya.

Komisioner KPU RI, Betty Epsilon Idroos mengatakan, tingkat partisipasi masyarakat di Kaltara pada Pemilu 2024 mencapai 81 persen. Meningkat dari tahun 2019. Yakni, 74 persen. “Saya berharap dukungan dari seluruh stakeholder untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada,” kata Betty.

Mantan Ketua KPU DKI Jakarta periode 2018-2023 ini mengingatkan jajaran KPU Kaltara untuk selalu berkomitmen dan profesional dalam penyelenggaraan Pilkada.
“Semua harus sesuai aturan yang berlaku,” tutupnya. (rdk2)

Read Previous

DPRD Bulungan Harap Pelestarian Budaya Masif

Read Next

Ketua DPRD Apresiasi Pembangunan Gedung GKII Masehi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular